Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Posisi Kaca Spion Mobil yang Ideal

Kompas.com - 16/07/2018, 16:23 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kaca spion merupakan salah satu kelengkapan pada mobil yang dinilai vital saat berkendara. Karena alat ini berfungsi membantu pengemudi untuk bisa melihat kendaraan lain yang ada di belakang.

Namun untuk bisa berfungsi dengan baik, kaca spion harus dipasang pada posisi yang tepat. Dealer Skill Development Manager Honda Prospect Motor (HPM) Onsert Ophirio, menyatakan, posisi kaca spion yang ideal adalah kaca harus turut menampakan bagian dari seperempat body mobil. Jadi, tidak disarankan untuk memasang kaca spion yang keseluruhannya hanya menampakan kondisi jalan.

"Sebaiknya seperempat di bodi mobil kita, 3/4 baru di jalan," kata Onsert dalam kegiatan Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

Dengan posisi tersebut, Onsert meyakini pengemudi akan bisa melihat mobil yang ada di belakang. Sehingga pengemudi bisa meminimalisir titik buta atau blind spot.

Baca juga: Cara Mengurangi Blind Spot pada Kendaraan

Titik buta atau blind spot saat berkendara.hyundaimobil.co.id Titik buta atau blind spot saat berkendara.

"Jadi atur kaca spion mengarah ke belakang supaya objek di belakang mobil masih terlihat," ucap Onsert.

Sementara itu, Certified BMW Driver Gerry Nasution menyatakan, memastikan sudut kaca spion sesuai dengan posisi mengemudi merupakan hal pertama yang harus dilakukan pengemudi saat masuk ke dalam kendaraan. Menurut Gerry, jangan menjalankan kendaraan bila kaca spion tidak mengarah ke sudut yang tepat.

Gerry menyatakan arah spion paling tepat adalah kaca sedikit di atas garis horizon. Ini agar pandangan cukup banyak di belakang dan samping kendaraan.

Baca juga: Spion Mobil Bukan Pajangan, Wajib Dilirik saat Berkendara

"Jadi arahkan sedikit di atas garis horizon. Pokoknya sedikit bagian mobil terlihat dan jalan juga terlihat. Ini dapat membantu melihat kondisi sekeliling mobil saat diperjalanan," ucap Gerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com