Polisi Janji Permudah Korban Gempa dan Tsunami Urus Surat Kendaraan

Kompas.com - 01/10/2018, 07:22 WIB
Seorang lelaki mencari barang-barang dari rumahnya yang rusak di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9/2018), setelah gempa kuat dan tsunami melanda daerah itu sehari sebelumnya. Hampir 400 orang tewas ketika gempa dan tsunami di Kota Palu. AFP PHOTO / Bay ISMOYOSeorang lelaki mencari barang-barang dari rumahnya yang rusak di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9/2018), setelah gempa kuat dan tsunami melanda daerah itu sehari sebelumnya. Hampir 400 orang tewas ketika gempa dan tsunami di Kota Palu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menegaskan bahwa Kepolisian Republik Indonesia akan mempermudah warga yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami. Bukan hanya Lombok, tetapi masyarakat Donggala, dan juga Palu, Sulawesi.

Jenderal Polisi Bintang Dua itu menjelaskan, bahwa sudah pasti banyak masyarakat yang kehilangan surat-surat kendaraan seperti STNK hingga BPKB.

“Nanti apabila mau mengurus, kita pastikan membantunya sampai tuntas, karena data-data kendaraan tersebut sudah pasti tercatat oleh kita,” ujar Refdi ketika dihubungi Kompas.com akhir pekan lalu.

Refdi melanjutkan, asalkan dengan satu syarat bahwa kendaraan itu baik sepeda motor atau mobil benar punya pribadi dan harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan seperti melampirkan bukti lain apabila diperlukan.

Baca juga: "PR" Korlantas Polri jika Mau Ganti Warna Pelat Nomor

“Karena kalau hilang seperti itu mungkin juga harus melampirkan data diri misal KTP dan lain sebagainya. Pada intinya kami akan sangat membantu para korban bencana gempa dan tsunami yang akan mengurus surat-surat,” ucap Refdi.

Masyarakat, kata dia bisa langsung menghubungi petugas di daerah tempat tinggal masing-masing. Waktu pengurusan mungkin setelah aktivitas atau keadaan telah kondusif.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X