Kompas.com - 03/03/2018, 15:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com -Bisnis aksesori dan komponen sepeda motor custom dan bergaya retro semakin banyak di Jakarta dan sekitar. Indonesia yang begitu luas, serta konektivitas internet yang semakin merata ke daerah, merangsang bisnis online semakin menjamur.

Dari dua toko aksesori yang ditemui Kompas.com, seluruhnya menyatakan kerap melayani paket dari luar daerah. Mereka juga membuka lapak di situs-situs jual beli online dan memanfaatkan akun Instagraamnya untuk memperkenalkan barang dagangannya.

Penanggung jawab di toko MR Classic, Jeremia Manafe mengatakan, tokonya menerima pesanan aksesori dalam jumlah satuan maupun paket. Untuk paket, biasanya lengkap untuk seluruh bagian motor, dari mulai batok lampu, panel indikator, setang, tangki, jok hingga lampu belakang.

"Kalau untuk paketan harganya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 3 jutaan tergantung jenis partnya," kata Nola saat ditemui Kompas.com di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Baca juga : Tak Sulit Modifikasi Motor Jadi Bergaya Retro

Deretan aksesori motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan aksesori motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Sementara itu, Nolavander, pemilik toko Central Classic Custom mengatakan sudah pernah mengirim paket untuk pemesan dari kota-kota di Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, hingga Nusa Tenggara Timur. Kebanyakan pemesanan adalah pembeli paket lengkap yang harganya dijual dari mulai Rp 1,5 juta-Rp2 juta. Namun tidak termasuk suku cadang di sektor kaki-kaki, seperti pelek, ban, dan shockbreaker depan dan belakang.

"Kalau sama bagian kaki-kaki bisa Rp 2 jutaan lebih," kata Nola saat ditemui di bengkelnya yang beralamat di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok.

Sebelum mengirim paket ke daerah, Nola biasanya akan menanyakan lebih dahulu jenis motor dan aliran modifikasi yang diinginkan konsumen. Tujuannya untuk memastikan aksesori yang dibeli sudah sesuai yang dibutuhkan.

"Kalau motornya Yamaha Scorpio pengen diubah Japstyle, kita kirim aksesori yang cocok dengan Scorpio sama aliran modifnya," ujar Nola.

Deretan jok motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan jok motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.