Hati-hati, Odometer Digital Mobil Seken Lebih Rawan Diakali

Kompas.com - 12/12/2017, 09:22 WIB
Odometer dengan km asli atau sudah diputar mundur bisa dicek dengan cara khusus. KompasOtomotif-Donny AprilianandaOdometer dengan km asli atau sudah diputar mundur bisa dicek dengan cara khusus.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Praktik curang memalsukan angka odometer menjadi lebih rendah di mobil bekas sulit dihilangkan karena keuntungannya terlalu besar untuk diabaikan penjual. Angka odometer rendah pada mobkas merupakan faktor besar penentu harga jual.

Pada mobil-mobil lawas, odometer masih pakai teknologi mekanis. Cara umum buat mengakalinya,  diputar mundur paksa pakai alat bantu seperti obeng. Tujuannya tentu saja agar angka odometer berkurang dan mobkas bisa dijual lebih mahal.

Beralih zaman, kini mobil modern pakai odometer digital. Namun, bukannya makin aman, teknologi itu malah bikin pemalsuan semakin rentan.

Odometer jadi sasaran keisengan pedagang mobil bekasOtomania/Setyo Adi Odometer jadi sasaran keisengan pedagang mobil bekas

Dari pengakuan Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, lebih mudah mengakali odometer digital. Jasa untuk mengubahnya dikatakan cuma butuh modal Rp 250.000, uang segitu dinilai ringan jika misalnya penjual bisa untung Rp 5 juta gara-gara mobkas dikira bukan "mobil capek".

“Kalau yang digital, tinggal colok saja ke OBD. Sudah ada software-nya, tinggal pilih nomor cantik,” ungkap Fischer, di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Baca: Digempur Diskon Mobil Baru, Mobil88 Turunkan Harga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemalsuan odometer jelas merugikan konsumen karena angka yang tertera tidak sesuai dengan pemakaian yang sebenarnya. Selain itu, angka odometer yang salah juga bisa mengganggu kesehatan mobil karena tidak sesuai dengan jadwal servis berkala. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.