Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Seken Tak Dilirik Gara-gara Xpander, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 26/11/2017, 12:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Toyota Astra Motor menilai, adanya penurunan minat masyarakat terhadap mobil bekas Avanza merupakan hal yang wajar. Namun, hal itu bukan semata-mata karena kehadiran Mitsubishi Xpander.
 
"Banyak faktor yang menyebabkan pasar mobil bekas turun, selain faktor mobil baru, juga turun. Jadi, bukan karena munculnya Xpander," kata Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate TAM Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi KompasOtomotif, Sabtu (25/11/2017).
 
Menurut Soerjopranoto, low multipurpose vehicle (LMPV) memiliki pangsa pasar yang luas dan beragam, mulai dari yang harganya rendah hingga yang stylish dengan harga yang lebih mahal.
 
Toyota AvanzaTAM Toyota Avanza
Di sisi lain, masyarakat mempertimbangkan sejumlah sejumlah hal ketika akan membeli suatu produk. Pertimbangannya itu menyesuaikan kebutuhan atau berdasarkan keinginannya. Termasuk harga juga menjadi salah satu pertimbangan lainnya.
 
Kehadiran Xpander, menurut Soerjopranoto, memang merupakan hal baru bagi masyarakat. Hal ini sama seperti ketika Honda meluncurkan Mobilio. Masyarakat kemudian bisa memilah-milah dan memilih produk yang dibeli. Oleh karena itu, wajar jika ada penurunan minat pada Avanza.
 
"Ada mempengaruhi pasar Avanza, tapi enggak langsung seluruhnya, seperti Mobilio kemarin," kata Soerjopranoto.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com