Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobkas "Hatchback" dan "City Car" Bakal Makin Laris

Kompas.com - 26/09/2017, 12:52 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meski berjalan lambat, namun penjualan mobil bekas (mobkas) di segmen hatchback dan city car diprediksi akan tumbuh. Kondisi ini datang seiring dengan adanya kebutuhan dari masyarakat.

Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, menjelaskan bahwa mobil berdimensi kecil dan sedang khususnya di kota besar akan mengalami pertumbuhan pesat.

"Karena menyusaikan kebutuhan, kalau diperhatikan saat ini rumah-rumah modern modelnya minimalis khususnya seperti Jakarta, lahan parkir hanya carport saja, bukan garasi. Dengan dimensi yang minim, otomatis orang akan cari mobil menyesuaikan lahan parkir yang mereka punya juga," ucap Fischer kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu di Jakarta.

Fischer mengatakan memang untuk saat ini mobkas city car dan hatchback dari sisi penjualan masih kalah dengan MPV sejuta umat seperti Avanza dan Xenia, namun bukan berarti tidak bergerak. Masih ada konsumen yang memilih kendaraan kecil karena dianggap fleksibel saat digunakan terutama di kota besar.

Baca : Peluang Xpander di Pasar Mobil Bekas

Bahkan dari sisi segmen, hatchback dan city car kini bukan hanya diserap kalangan muda saja, tapi juga segmen keluarga.

Mobkas Mobil88Stanly/Otomania Mobkas Mobil88

"Keluarga muda dengan dua anak juga masih ada yang pakai, karena secara kebutuhan mobil lebih banyak digunakan untuk aktivitas hari-hari bukan untuk pergi ke luar kota," kata Fischer.

Senada dengan Fischer, Pengamat Pasar Mobil Bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, juga mengungkapkan hal serupa. Namun menurut Herjanto bila dikaitkan dengan tren perkembangan properti, hatchback akan lebih cocok dibandingkan mobil kota.

"Lebih ke sisi menyesuaikan hunian bisa jadi hatchback akan lebih dominan dibandingkan city car, apalagi untuk keluarga muda satu atau dua anak. Untuk city car memang fleksibel dan irit, tapi kalau untuk diajak jalan keluar kota tidak senyaman hatchback. Balik lagi ke konsumen, selera dan kemampuannya bagaimana," ucap Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com