Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Harga Pasaran Land Rover Defender Seken

Kompas.com - 06/11/2017, 17:45 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Land Rover Defender merupakan salah satu produk ikonis dari negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Produk "offroad" yang satu ini mulai diproduksi 1983 hingga 2016.

Di Indonesia sendiri cukup banyak penggemar mobil lawas yang awalnya banyak dipesan untuk kebutuhan di sektor perkebunan dan pertambangan ini. Salah satunya adalah seperti yang ditumpangi Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Becakayu pada 3 November lalu.

Mobil yang ditumpangi oleh Jokowi ini merupakan milik seseorang bernama Rusdi. Modelnya pick up single cabin yang diproduksi 1989.

Rusdi membelinya dalam keadaan bekas dan tidak terawat pada 2014 seharga Rp 200 juta. Dengan dibantu sahabatnya, Iwan, mereka kemudian membangun ulang mobil tersebut sampai akhirnya tampak seperti mobil baru saat ditumpangi Jokowi.

Baca juga : Penampakan Defender Jokowi Saat Masih Butut

Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki.  Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.Iwan Kurniawan Inilah penampakan mobil Land Rover Defender 110 County yang sempat dinaiki Presiden Joko Widodo saat masih belum diperbaiki. Kendaraan ini merupakan mobil produksi lama yang kemudian diperbaiki hingga akhirnya dapat digunakan saat peresmian Tol Becakayu.

Total biaya yang dihabiskan untuk merestorasi ulang mobil dengan sistem penggerak roda 4x4 itu mencapai sekitar Rp 250 juta.

Jika menilik harga jual di situs-situs jual beli mobil online, harga pasaran Landy Defender berada pada kisaran Rp 100 juta hingga nyaris mendekati Rp 2 miliar, tergantung tahun pembuatan dan kondisi barang.

Kebanyakan Land Rover Defender produksi tahun 1990-an masih dibanderol pada kisaran harga Rp 150-400 juta.

Harga semakin mahal untuk tahun produksi 2000-2010, yakni mencapai kisaran Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar. Untuk produk tahun 2010-an ke atas, hampir seluruhnya sudah dibanderol di atas Rp 1 miliar. Untuk produk keluaran terakhir dibanderol pada kisaran harga Rp 1,7-1,9 miliar.

Baca juga : Mulai Lambaikan Tangan pada Land Rover Defender

Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.Land Rover/Carscoop Tiga model edisi spesial Land Rover Defender, disiapkan untuk menutup produksi di 2015.

Menjelang penghentian produksinya, Jaguar Land Rover (JLR) selaku produsen Defender sempat meluncurkan tiga edisi terakhir sebagai salam perpisahan pada 2015 silam, masing-masing The Autobiography Edition, The Adventure Edition, dan The Heritage Edition.

Saat itu, The Autobiography Edition dibanderol dengan harga 61,845 poundsterling atau setara Rp 1,09 miliar untuk kurs saat ini.

Untuk The Adventure Edition dibaderol dengan harga 43,495 poundsterling atau setara Rp 771 juta. Sedangkan The Heritage Edition dibanderol seharga 27.800 poundsterling atau setara Rp 492 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com