Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Bakal Tertular “Fuel-Cell” Toyota

Kompas.com - 29/11/2016, 15:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Rencana Lexus untuk menawarkan model LS generasi terbaru, dengan mesin berbahan bakar hidrogen (fuel-cell) untuk pertama kali, akhirnya terungkap. Model baru ini diperkirakan bakal hadir pada 2019.

Mengutip Motoring, Selasa (29/11/2016) Lexus LS diklaim akan memiliki tenaga yang lebih besar. Di mana mesin berbahan bakar hidrogen ini akan menggerakkan axle belakang, dan mengalirkan tenaga ke dua motor di roda depan.

Dari sisi mesin, kemungkinan bakal mengadopsi versi konvensional V8 5.0 L, di mana untuk versi hibrida plug-in powertrain ini akan lebih bertenaga. LS diharapkan akan tidak jauh berbeda dengan versi konsep masa depannya (LC-FC), yang ditampilkan 2015 lalu di Tokyo Motor Show, Jepang.

"Kami tahu bagaimana membuat mesin berbahan bakar fuel cell. Satu-satunya tantangan kami adalah bagaimana mengemas mesin tersebut, pada sebuah mobil yang memiliki target performa di level tertentu," ujar bos Lexus Eropa Alain Uyttenhoven.

Uyttenhoven juga mengatakan, Lexus harus bisa memberikan performa yang tepat, terhadap mobil mewah bertenaga hidrogen miliknya, demi bisa bersaing. Pengenalan model Lexus pertama dengan bahan bakar hidrogen ini, akan bertepatan dengan semakin banyaknya infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen global, di 2019.

Lexus sendiri tidak berharap banyak, mereka hanya menargetkan bisa menjual LS zero-emission di angka ratusan unit, bukan ribuan. Wilayah yang jadi sasaran khusus yaitu, London, Paris, Los Angeles, dan Tokyo. Pemerintah daerah di kota tersebut, mulai memperkenalkan kontrol emisi yang ketat, yang mencakup pelarangan mesin konvensional diesel dan bensin dari pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com