Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Faktor yang Bikin Mobil Terbakar Saat Isi BBM di SPBU

Kompas.com - 06/06/2024, 09:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil terbakar saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU kerap kali terjadi. Untuk itu, pemilik kendaraan sebaiknya memahami penyebab mobil terbakar saat isi bensin.

Pasalnya, saat ini sudah banyak kejadian mobil terbakar di SPBU yang menimbulkan korban jiwa dan kerugiaan materil.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Instagram bernama @elphynsinggu. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan detik-detik mobil Toyota Avanza terbakar saat mengisi bahan bakar di salah satu SPBU.

Baca juga: Cerita Pemilik Usaha Bengkel Pelek Jari-jari Motor yang Kian Meredup

Disebutkan mobil terbakar lantaran adanya UAP BBM yang masuk ke kabin mobil. Tak hanya itu aktivitas penggunaan ponsel dalam kabin mobil menyebabkan timbulnya api dan berujung pada kebakaran.

Perlu dicatat bahwa setiap SPBU menyimpan bahaya laten berupa kebakaran, hal tersebut karena lokasi sudah sangat menunjang segitiga api alias triangle of fire.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paman Elphyn Singgu (@elphynsinggu)

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, terbentuknya api selalu erat kaitannya dengan tiga unsur utama, yakni udara, panas dan bahan bakar.

“Ketiga unsur utama itu sudah ada di SPBU di mana pun, hanya tinggal menunggu pemicunya saja yang bisa menyebabkan terjadinya percikan api. Ini bisa dari ragam hal yang kebanyakan orang itu tidak menyadarinya,” ucap Jusri.

Lebih lanjut Jusri menjelaskan, selain dari hal teknis, biasanya dipicu oleh pengguna SPBU sendiri. Contohnya seperti bermain ponsel saat mengisi BBM yang berdampak adanya radiasi dan bisa menjadi salah satu pemicu percikan api.

Baca juga: Pabrik Subaru Thailand dan Malaysia Tutup, Tak Pengaruh ke Indonesia

Selain itu, tangki bensin pada kendaraan juga bisa menjadi penyebab kebakaran. Hal tersebut karena di dalam tangki bensin mengandung uap dari gas bahan bakar yang bisa menjadi pemicu tersembunyi juga.

“Harus diketahui di dalam tangki bensin kendaraan selain bahan bakar juga terdapat uap dari gas bahan bakar. Dalam kondisi cuaca panas, mesin panas, otomatis uap tersebut juga semakin tinggi tekanannya. Akan berbahaya bila membuka tutup tangki saat akan mengisi bahan bakar,” kata Jusri.

Untuk itu, Jusri menekankan pentingnya membuka tangki bensin sebelum melakukan pengisian. Hal ini bisa dilakukan ketika sedang antre menunggu giliran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com