Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terbakar di Tol Wiyoto-Wiyono, Lalu Lintas Macet Total

Kompas.com - 12/06/2024, 12:35 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden bus terbakar terjadi di jalan Tol Wiyoto-Wiyono, Jakarta. Kebakaran tersebut sampai mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang.

Berdasarkan keterangan resmi dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, insiden tersebut terjadi pada Rabu (12/6/2024), sekitar pukul 10.20 WIB. Sekarang, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.05 WIB.

Baca juga: Begini Cara Pakai APAR yang Benar Saat Mobil Terbakar

"Awal mula ban pecah, lalu tiba-tiba ada percikan di bagian ban yang pecah," tulis keterangan resmi dari Sudin Damkar Jakarta Timur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SUDIN DAMKAR JAKARTA TIMUR (@damkarjakartatimur)

Disebutkan bahwa tidak ada korban jiwa, sebanyak 54 orang telah berhasil diselamatkan. Saat ini, unit yang terbakar sedang dalam tahap evakuasi.

Bagi para pengendara yang hendak melintas ke arah timur atau utara Jakarta, diimbau untuk mencari jalur alternatif lain. Sebab, kemacetan masih terjadi di sekitar lokasi kebakaran.

 Baca juga: Begini Posisi Meletakkan APAR yang Aman di Dalam Mobil

Bus terbakar di tol Wiyoto-Wiyono pada Rabu (12/6/2024)Dok. Sudin Damkar Jakarta Timur Bus terbakar di tol Wiyoto-Wiyono pada Rabu (12/6/2024)

Insiden ini mengajarkan kepada setiap pengendara akan pentingnya alat pemadam api ringan (APAR). Sehingga, jika terjadi kebakaran, bisa dicegah agar tidak membesar.

“Adanya APAR minimal kalau terjadi kebakaran ada tindakan yang cepat atau preventif sehingga kebakaran tidak menjalar yang lebih besar untuk menekan risiko yang lebih besar,” ucap Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com