Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 PO Bus AKAP yang Pakai Layanan Pramugari

Kompas.com - 18/06/2024, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya menjadi awak kabin pesawat atau kereta saja, kini pramugari juga ada pada layanan bus AKAP. 

Sejumlah perusahaan otobus (PO) di Tanah Air kini turut menyertakan pramugari untuk kenyamanan penumpang guna menarik minat pasar.

Maka dari itu kehadiran pramugari kini membawa warna baru pada layanan bus AKAP yang biasanya hanya di dominasi kaum pria saja. 

Baca juga: Video Pengendara Geber-geber Knalpot Motor di Semanggi, Ditindak Petugas

Biasanya peran asisten sopir atau kru yang bertugas untuk membantu penumpang adalah kernet pria, namun pada beberapa PO justru digantikan peran tersebut oleh pramugari. 

 Berikut dereten bus AKAP di Indonesia yang pakai jasa pramugari:

1. DAMRI

Sejak kemunculannya pada awal tahun ini, layanan bus AKAP double decker atau bus tingkat milik DAMRI terus manarik perhatian banyak orang.

Pada bus dengan nama Imperial Suites tersebut penumpang akan ditemani oleh pramugari. Bus tersebut akan melayani rute Jakarta-Surabaya-Malang PP. Mulai dari titik keberangkatan, pramugari akan memastikan kelengkapi penumpang.

Mereka juga akan memberikan label bagasi pada barang bawaan penumpang agar tidak saling tertukar.

Sebelum berangkat, pramugari juga akan memeriksa apakah fasilitas dalam bus berfungsi dengan baik dan bersih. Pramugari juga akan membantu penumpang untuk menyiapkan minuman, seperti teh atau kopi sesuai permintaan.

2.  PO Rosalia Indah 

Pramugari dan pramugara PO Rosalia IndahPO Rosalia Indah Pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah

PO Rosalia Indah terkenal sebagai pelopor layanan pramugari pada bus AKAP. Bahkan hingga saat ini PO Rosalia Indah terus melayani penumpang terus menggunakan layanan pada bus premium atau kelas double decker.

Jika ada seorang pramugari pada bus tersebut, maka tidak ada kernet. Fungsi atau peran dari pramugari sangat dibutuhkan untuk setiap perjalanan. Namun tidak hanya pramugari, ada juga layanan dari pramugara.

Baca juga: Kenapa Banyak Motor Matik Mengalami Rem Blong?

3. PO Semeru

Pramugari bus AKAP SemeruTwitter @seringkluyuran Pramugari bus AKAP Semeru
Pramugari bus AKAP SemeruInstagram @seringkluyuran Pramugari bus AKAP Semeru

Terkenal sebagai layanan penyewaan bus pariwisata dan shuttle, PO Semeru Transindo kini  meramaikan persaingan bus AKAP. Adapun tiga trayek bus AKAP milik PO Semeru Transindo adalah Pati-Jakarta, Solo-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com