Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atur Posisi Duduk SUV buat Kurangi Blind Spot

Kompas.com - 29/05/2024, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kejadian lagi mobil berjenis SUV yakni Toyota Fortuner menabrak anak kecil di daerah perumahan. Pengemudi kurang waspada di jalanan dan anak tadi terlindas saat mobil berbelok.

Kejadian anak kecil yang tertabrak sampai terlindas ini bukan sekali terjadi. Makanya, pengemudi harus lebih berhati-hati saat memasuki area perumahan karena blind spot mobilnya sangat besar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, blind spot mobil bisa dikurangi dengan cara menyetel posisi bangku dengan baik, khususnya buat SUV.

Baca juga: Belajar dari Fortuner yang Alami Aquaplaning, SUV Lebih Rawan

Blind Spot Warning Nissan Kicks e-PowerKompas.com/Nanda Blind Spot Warning Nissan Kicks e-Power

"Khusus SUB yang bongsor, posisi duduk disetel paling tinggi. Jangan lupa atur kaca spion sehingga sudut-sudut yang tidak terlihat dapat diminimalisir," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Sony menjelaskan, posisi duduk yang optimal adalah sudut pandang pengemudi sudah maksimal dan minim blind spot. Jadi bisa melihat ke luar kabin dengan lega atau leluasa.

Baca juga: Kejadian Lagi SUV Tabrak Anak Kecil di Perumahan, Bahaya Blind Spot


"Dengan sudut yang melengkung, ujung kap (mesin) belum tentu terlihat. Tapi paling tidak mampu memaksimalkan sudut pandang," kata Sony.

Biar blind spot tidak makin besar, bersihkan dasbor dari berbagai atribut atau benda yang mengganggu. Lalu, jangan pakai kaca film yang terlalu gelap, terutama di kaca depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com