Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku 22 dan 23 Juni 2024, Naik Bus Transjakarta Tarif Rp 1

Kompas.com - 21/06/2024, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan memberikan tarif spesial bagi pengguna transportasi publik dalam rangka HUT ke-497 Kota Jakarta.

Pengguna bus Transjakarta, termasuk angkutan massal MRT dan LRT hanya membayar ongkos Rp 1 pada 22 dan 23 Juni 2024.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, tarif khusus Rp 1 ini berlaku selama dua hari penuh sebagai hadiah istimewa bagi pelanggan transportasi publik di Jakarta.

Baca juga: NMAX Turbo Pakai CVT Elektronik, Bagaimana Perawatan dan Usia Pakainya?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta)

“Merayakan pertambahan usia kota Jakarta, Pemprov DKI memberikan hadiah istimewa untuk warga yang ingin bepergian menggunakan transportasi publik hanya dikenakan tarif Rp 1,” ujar Syafrin, dalam keterangan resmi (20/6/2024).

Ditegaskan Syafrin, khusus Layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta lainnya dan Layanan Gratis bagi masyarakat tertentu tetap berlaku tarif Rp 0.

Atau sesuai tarif awal berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis Bagi Masyarakat.

Baca juga: Bisakah NMAX Lama Upgrade Pakai CVT Elektronik?

“Tarif Rp 1 ini sekaligus mendorong masyarakat untuk terbiasa menggunakan transportasi publik dalam mendukung mobilitas atau aktivitas mereka sehari-hari,” ucap Syafrin.

Seperti diketahui, bus Transjakarta atau busway menjadi salah satu sarana transportasi umum yang berperan penting bagi masyarakat kota Jakarta. Oleh karena itu, kini hampir seluruh area Jakarta bisa ditempuh menggunakan angkutan masal ini.

Bahkan, kini untuk menjangkau jalan dengan ukuran yang kecil, kini Bus Transjakarta punya berbagai ukuran menggantikan layanan Metromini dan Kopaja. Adapun tarif penumpang bus normalnya sebesar Rp 3.500 untuk ke seluruh rute.

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Gejala Gredek pada Motor Matik

Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah penumpang menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Transjakarta akan menambah rute perjalanan menjadi 123 rute dan menambah jam operasional, hal ini untuk mengurangi antrean panjang yang terjadi di beberapa halte pada Senin (16/3/2020) kemarin.

Sementara itu, metode pembayaran untuk mendapatkan diskon ini tetap harus menggunakan kartu uang eletronik (KUE).

Penumpang hanya perlu menempel kartu tersebut pada mesin tab, maka saldo akan langsung terpotong Rp 1 saja.

Sebagai informasi, kartu uang elektronik yang bisa digunakan keluaran bank dari Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega MegaCash.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com