Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi Anak Kecil Terlindas Mobil, Waspada Bahaya Blind Spot

Kompas.com - 05/09/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang bocah laki-laki terlindas mobil Mitsubishi Pajero.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, terlihat SUV bongsor yang dikemudikan seorang wanita itu hendak melintas di salah satu tikungan. Mulanya bocah tersebut tengah bermain di gang sempit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Tak berselang lama Pajero Sport itu kemudian melintas kaki sang bocah hingga terjatuh. Setelah tersungkur, roda belakang mobil Pajero Sport itu kembali melindas badan bocah tersebut.

Baca juga: Daftar Motor Bebek Bekas Rp 7 Jutaan, Ada Supra X 125 dan Jupiter Z

Terlihat sang ibu balita tersebut kemudian panik dan langsung membawa sang anak ke dalam rumah.

Dikutip dari Kompas.com, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Amin Toha membenarkan peristiwa tersebut. Saat ini pihaknya sudah mengamankan kendaraan milik wanita yang melindas balita berusia 1 tahun 3 bulan tersebut.

Sementara untuk pengemudi tidak dilakukan penahanan lantaran balita tersebut hanya mengalami luka ringan.

“Kalau untuk mobil sudah ditahan disini. Kalau pengemudi dilakukan penahanan itu ada aturannya, kalau korban hanya luka ringan kita tidak lakukan penahanan tapi kita akan lakukan pengecekan lebih lanjut,” ucap Amin, dikutip dari Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Wanita yang menabrak itu pun mengaku akan bertanggung jawab dan siap menanggung biaya perawatan sang balita harus dirawat di rumah sakit.

Ilustrasi pilar blind spotStanly/Otomania Ilustrasi pilar blind spot

Terkait kejadian ini, Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan hal tersebut terjadi karena adanya blind spot.

"Ini masuk blindspot, terjadi karena tingginya kendaraan sehingga posisi duduk pengemudi tidak dapat menjangkau visibilitas disekitarnya. Ini yang terjadi pada kendaraan-kendaraan yang relatif besar," ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Sony melanjutkan, sebenarnya ada solusi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian tersebut.

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Rp 7 Jutaan, Dapat Mio sampai Vario

"Aktifkan sensor sehingga dapat membaca objek yang ada di sekitar, berikut fokus mengemudi sehingga apabila ada objek yang mendekat dapat terlihat," kata Sony.

Pengemudi juga harus memberikan fokus lebih ketika melewati kondisi jalan yang kecil. Sebab, tak jarang banyak anak kecil atau hewan peliharaan yang berlalu lalang di kawasan tersebut.

"Pada daerah-daerah dengan kondisi jalan yang kecil, tingkatkan kewaspadaan terutama adanya anak-anak atau binatang peliharaan. Jangan ragu untuk bunyikan klakson sebelum berjalan," ujar Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com