Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Nissan March Gagal Menanjak hingga Terperosok ke Semak-semak

Kompas.com - 21/06/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali ditemui kasus mobil gagal nanjak atau tersendat saat melewati tanjakan curam, terlebih ketika jalan licin.

Seperti yang menimpa mobil Nissan March dalam unggahan akun Instagram @indocarstuff, pada Kamis (20/6/2024). Dalam unggahan tersebut memperlihatkan mobil Nissan March yang mengalami kesulitan saat melewati jalan menanjak.

Terlihat salah satu warga mencoba membantu pengemudi Nissan March dengan menempatkan batu di belakang ban mobil. Namun, tak berselang lama mobil berkelir biru itu malah meluncur bebas, menabrak Toyota Avanza yang berada tepat di belakangnya, hingga terperosok ke semak-semak.

Baca juga: Alasan Penumpang Bus AKAP Gemar Cari Tiket Lewat Aplikasi

Sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian pun langsung bergegas menghampiri dan membantu mobil Nissan tersebut.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center mengatakan, ada dua kemungkinan yang bisa menjadi penyebab insiden tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

“Pertama, pengemudi salah oper gigi harusnya 1/D malah ke gigi mundur (R). Kedua salah oper gigi, seharusnya 1/D malah ke netral (N). Karena dua kemungkinan kesalahan itu, pengemudi panik dan salah injak pedal. Harusnya injak rem, malah gas (kalau mobil matik) atau malah injak pedal kopling (mobil manual),” ucap Marcell, kepada Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Menurut Marcell, pada intinya pengemudi dalam video tersebut tidak memiliki skill yang cukup baik untuk melewati medan jalan tersebut. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi agar tetap aman saat melewati tanjakan curam.

Baca juga: Toyota Tegaskan Mobil Listrik Bukan Pengganti Mobil Konvensional

“Pertama pelajari tanjakan yang akan dilalui, dengan melihat mobil lain saat melintasi tanjakan tersebut. Bila kendaraan dapat lewat, maka mobil kita juga seharusnya bisa,” kata Marcell.

Kemudian kurangi beban kendaraan, misalnya dengan menurunkan penumpang. Selanjutnya bersiap menanjak dengan menggunakan gigi paling rendah.

“Lebih baik start poin cukup jauh dari awal tanjakan, agar dapat memiliki momentum tenaga yang cukup. Jaga traksi antara ban dengan jalan saat di tanjakan,” ujar Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com