Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Mau Rakit Mobil Listrik di Bogor 2027

Kompas.com - 21/06/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz Indonesia berencana untuk merakit jajaran mobil listrik secara lokal di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Roelof Lamberts, Chief Executive Officer PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, agen pemegang merek (APM) Mercedes-Benz, mengatakan, targetnya "Mercy" bisa merakit mobil listrik di Indonesia pada 2027.

Baca juga: Alasan Penumpang Bus AKAP Gemar Cari Tiket Lewat Aplikasi

"Ini selalu menjadi target kami untuk merakit jajaran produk sebanyak mungkin. Seperti yang anda tahu kami sekarang merakit model yang berbeda, dan untuk menyediakan ruang untuk merakit mobil listrik dibutuhkan perubahan di lini produksi Wanaherang," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Mercedes-Benz New GLC resmi dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang, BogorDok. MBDI Mercedes-Benz New GLC resmi dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang, Bogor

Untuk diketahui saat ini Mercy sudah meluncurkan enam mobil listrik di Indonesia, di mulai EQS dan EQE sedan, kemudian EQA SUV dan EQB, menyusul EQS dan EQE SUV yang baru meluncur.

Namun, Roelof mengatakan, jika sesuai rencana maka model yang dirakit pada 2027 mendatang bukan jajaran yang ada saat ini.

"Ini akan terjadi, tapi tidak dengan line up EQ yang sekarang. Basisnya ialah model generasi baru akan dirakit dengan jajaran mulai dari 2027 dengan perakitan dilakukan di Wanaherang," ujarnya.

Baca juga: Bikin Pelek Mobil Kinclong dengan Metode Diamond Cut

Mercedes-Benz EQS Edition 1Kompas.com/Donny Mercedes-Benz EQS Edition 1

Untuk diketahui, pabrik Mercedes-Benz Wanaherang berdiri sejak 1978, dan dibangun di area seluas 42 hektar dengan memperkerjakan sekitar 700 orang karyawan.

Baca juga: BMW Motorrad dan Pertamina Lubricants Uji Ketangguhan Pertamina Enduro

Pabrik Wanaherang merupakan bagian dari jaringan perakitan global Mercedes-Benz. Jaringan ini juga mencakup fasilitas produksi di India, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Brazil.

Saat ini, fasilitas ini telah merakit enam tipe mobil yakni C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS. Lebih dari 70 persen kendaraan penumpang Mercedes-Benz yang terjual di Indonesia diproduksi di pabrik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com