Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi SUV Tabrak Anak Kecil di Perumahan, Bahaya Blind Spot

Kompas.com - 27/05/2024, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian lagi anak kecil di permukiman terlindas SUV yang sedang melintas. Anak berusia sekitar tiga tahun itu sedang berlari, tapi ada mobil yang lewat dan kurang waspada.

Kejadiannya berlangsung di Perumahan Quality Riverside, Desa Gamping Wetan, Kecamatan Krian, Sabtu, (25/5/2024). Berdasarkan informasi, anak kecil tadi memang sedang bermain, dekat lapangan voli yang ramai bapak-bapak.

Kemungkinan besar anak kecil tidak terlihat oleh pengemudi saat berlari di jalan perumahan. Akhirnya malah tertabrak bumper depan dan terlindas roda sisi kiri mobil. 

Baca juga: X2 Jadi Definisi SUV Masa Depan dan Trendy ala BMW

 

Blind Spot Warning Nissan Kicks e-PowerKompas.com/Nanda Blind Spot Warning Nissan Kicks e-Power

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, kejadian SUV atau mobil yang menabrak anak kecil di area perumahan memang sering terjadi. 

"Kendaraan apapun ketika dihadapkan pada kondisi blind spot besar, pastikan dulu (posisi) duduknya disetel yang benar, supaya mata pengemudi luas," mata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Bisa dibilang, kabin mobil memang tinggi dan anak kecil kadang tidak kelihatan. Cuma pengemudi harusnya lebih waspada saat memasuki area perumahan.

Baca juga: Menang di MotoGP Catalunya, Bagnaia Belajar dari Kesalahan

"Biasakan jalan pelan (di perumahan) 5 Kpj membuat pengemudi bisa antisipasi adanya anak-anak yang ada di jalan," kata Sony. 

Jadi saat memasuki area perumahan, pengemudi harusnya mengurangi laju dan meningkatkan kewaspadaan. Banyak objek tidak terlihat yang sering ada di jalanan, termasuk anak kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com