Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Blind Spot pada Kendaraan Berdimensi Besar

Kompas.com - 25/09/2023, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial curhatan seorang pengemudi wanita usai mengalami kecelakaan di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) arah BSD, pada Kamis (21/9/2023).

Dalam video yang diunggah oleh akun Tiktor bernama Selvia, terlihat mobil berwarna abu-abu mengalami kerusakan di bagian pintu pengemudi dan penumpang usai terlibat senggolan dengan truk tronton. Pemilik kendaraan pun sempat menangis histeris melihat bodi kiri mobil yang rusak parah.

Pada narasi tersebut juga dijelaskan bahwa sopir truk tidak mau bertanggung jawab terkait kecelakaan yang menimpanya. Bahkan pengemudi mobil itu sempat terlibat cekcok dengan kenek truk.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Race MotoGP India 2023, Martin Tempel Bagnaia

“Lo tanggung jawab juga, ini biar diomongin gimana enaknya. Loh tapi kan gue dari sana mau kesini, lo juga main serobot-serobot saja,” kata wanita tersebut.

Sebagian warganet beranggapan bahwa pengemudi wanita itu menyalip truk dari bahu jalan, hal ini terlihat dari posisi mobil yang berada di lajur kiri. Beberapa warganet juga menyebut bahwa mobil wanita tersebut masuk ke area blind spot, sehingga tidak terlihat oleh sopir truk.

Menjawab pertanyaan netizen, wanita itu pun menceritakan kronologi kecelakaan pada video yang berbeda.

“Kalau misalnya kalian tahu, dari tol itu kan ada pecahan jalan dari BSD ke arah Cilandak. Posisi gue bukan di bahu jalan, kalian bisa lihat di video gue. Gue mau pindah jalur karena habis mutar ke arah kanan. Kepala (mobil) gue sudah masuk, tapi dia (truk) langsung (nabrak), gue kaget. Di sini posisi gue sudah klakson, tapi dia tetap (jalan), sampai akhirnya kepala ketemu kepala. Dia (truk) berhenti karena kaca spion gue tersangkut kena body nya dia,” kata wanita tersebut.

@bukanbunaa Membalas @Fatur ini kepotong yah, nanti gw lanjut lg part 2 klo kalian masih belum puas #kecelakaan #fyp #toljorr #lakalantas #kecelakaantol #kontenerkabur ? suara asli - seLvia

“Kalau misalnya kalian bilang itu blindspot, gue yang salah, gue juga enggak bilang gue yang benar. Maksud gue kalau itu blind spot, kan dia ada kenek. Gunanya kenek untuk apa? Truk-truk gede gunanya kenek untuk apa? ya untuk melihat blind spot lah. Kalo memang mobil tidak kelihatan sopir kan ada gunanya si kenek. Maksud gue lo turun dulu, tolongin gue, gue nyetir disitu sendirian,” lanjutnya.

Baik pengemudi motor maupun pengguna jalan lainnya sebaiknya memahami kembali titik-titik blind spot (titik buta) kendaraan besar.

Blind spot merupakan area sekeliling kendaraan, yang gagal terlihat atau terhalang untuk dilihat oleh pengemudi. Itu yang kemudian membuat area tersebut berbahaya, bukan hanya buat kendaraan itu sendiri, melainkan juga kendaraan lainnya. Jadi perlu diketahui titiknya agar bisa waspada.

“Jangan dekat-dekat dengan kendaraan besar karena titik butanya banyak. Tidak hanya di belakang atau samping, tapi juga di depan,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Menurut Sony, semakin pengendara lain dekat dengan kendaraan besar maka risiko tertabrak atau terserempet semakin tinggi. Lantas berapa jarak aman pengguna kendaraan bermotor berada di sekitar kendaraan besar?

Baca juga: Kenapa Rem Bus dan Truk Blong Sering Terjadi di Jalan Menurun?

Blind spot truk posisi setir kiri.youtube/Transport For NSW Blind spot truk posisi setir kiri.

“Ini sesuai dengan tinggi dan panjang kendaraan besar tersebut. Misal, tinggi truk 4 meter, berarti jarak yang aman di samping truk 4 meter dan di depan truk juga 4 meter. Jika begitu, sudah pasti terlihat oleh pengemudi truk,” ucap Sony.

“Jangan berpikir kalian pasti terlihat, karena semakin kecil kendaraan yang digunakan, maka akan semakin tidak terlihat,” lanjutnya.

Ketika akan bermanuver atau pindah lajur, Sony juga mengingatkan pengguna jalan untuk wajib melihat keadaan sekelilingnya terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com