Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG4 EV dan New ZS EV Rakitan Lokal Bakal Ekspor

Kompas.com - 13/01/2024, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG Motor Indonesia merakit MG4 EV secara lokal bukan hanya untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Mobil listrik tersebut juga akan ekspor ke beberapa negara lain.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, kendaraan yang sudah diproduksi dalam negeri nantinya juga akan diekspor. Terutama ke negara-negara di mana MG sudah dipasarkan, seperti Australia, Vietnam, dan Filipina.

Baca juga: Review Mobil Listrik MG4 EV, Bahas Desain Hingga Performa

"Pasar kami sangat luas untuk MG, kita ada di 84 negara dan yang terdekat ada di Asia Tenggara dan Australia. Jadi, kendaraan produksi dalam negeri ini akan kita ekspor sesuai dengan harapan pemerinta ke negara-negara di mana MG sudah berdiri di sana," ujar Arief, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

MG4 EV yang sudah dirakit secara lokal oleh MG Motor IndonesiaKOMPAS.com/DONNY MG4 EV yang sudah dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia

"Tapi, diutamakan MG ZS EV di kuartal keempat 2024. Sementara untuk MG4 EV, untuk pemenuhan dalam negeri terlebih dahulu, mungkin di 2025," kata Arief.

MG Motor Indonesia sudah memiliki fasilitas perakitan SAIC Facility yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Pada pabrik tersebut, saat ini ada dua model yang dirakit, yakni MG4 EV dan New ZS EV.

Baca juga: Dirakit di Cikarang, Harga Mobil Listrik MG4 EV Turun Rp 267 Juta

MG4 EV dan MG ZS EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa BaratDok. MG Motor Indonesia MG4 EV dan MG ZS EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa Barat

Sebelumnya, MG4 EV dipasarkan dengan di Indonesia dengan diimpor secara utuh dari Thailand. Kemudian, memasuki 2024, crossover listrik tersebut akhirnya dirakit di secara lokal.

Dengan dirakit secara lokal, MG4 EV dan New ZS EV jadi mendapatkan harga jual yang sangat kompetitif. MG4 EV dibanderol Rp 433 juta (OTR Jakarta) dan New ZS EV dipasarkan dengan harga Rp 453 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com