Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanderol Rp 433 Juta, Intip Spesifikasi Mobil Listrik MG4 EV

Kompas.com - 10/01/2024, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG Motor Indonesia merakit dua mobil listrik secara lokal, di mana salah satunya adalah MG4 EV. Meskipun harganya turun signifikan, tapi MG menegaskan bahwa tidak ada fitur yang dikurangi sedikit pun.

"Fitur-fitur pada model-model kami yang CBU kemarin itu masih bisa didapatkan untuk model CKD, tidak ada pengurangan," ujar Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, kepada wartawan, saat peluncuran MG4 EV dan New ZS EV versi CKD, di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Baca juga: MG4 EV Buatan Lokal Lebih Murah Rp 267 Juta Dibanding Versi CBU

Secara desain eksteriornya, MG4 EV masih mempertahankan bentuk yang lama. Tidak ada perubahan sedikit pun, baik dari bodi hingga ke peleknya. MG4 EV masih dibekali dengan pelek berukuran 17 inci dengan profil ban 215/50.

MG4 EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa BaratDok. MG Motor Indonesia MG4 EV dirakit secara lokal oleh MG Motor Indonesia di pabriknya yang terletak di Cikarang, Jawa Barat

Lampu LED yang elegan, grill dengan pola honeycomb, twin arrow rear spoiler dengan 2-tone roof yang agresif, masih menghiasi eksteriornya.

Bagian interiornya juga tidak ada yang berubah, joknya dibungkus dengan material kulit dan kain. Head unit berukuran 10,25 inci model floating pun masih menghiasi bagian dasbor.

Head unit tersebut juga mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Ditambah lagi dengan adanya fitur pengecasan nirkabel untuk smartphone.

Baca juga: Adu Fitur MG4 EV dan Hyundai Ioniq 5, Mana Lebih Canggih?

MG4 EV diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 kW dan torsi 250 Nm. Ditenagai oleh baterai inovatif Rubik’s Cube, MG4 EV mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 7,7 detik.

Interior mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Interior mobil listrik MG4 EV

Dengan baterai berkapasitas 51 kWh, mobil ini mampu menjelajah hingga 425 km dalam sekali pengisian. MG4 EV memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi daya dari nol hingga 80 persen hanya dalam waktu 35 menit.

Soal teknologi, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Teknologi tersebut mencakup banyak fitur keamanan aktif, seperti Front Collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Emergency Lane Keeping Assist, Lane Departure Warning, Rear-Cross Traffic Alert, dan lainnya.

Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EV

Fitur-fitur canggih lainnya juga masih disematkan, seperti kamera 360, immobilizer keyless, airbag di depan dan samping, adaptive cruise control, traction control system, electronic parking brake, dan masih banyak lagi lainnya.

MG4 EV tipe tertinggi, yakni Magnify i-Smart, dibanderol Rp 433 juta (OTR Jakarta). Sebelumnya, crossover listrik ini dipasarkan dengan harga Rp 699,9 juta.

Untuk tipe terendahnya, yakni Ignite, masih belum diumumkan. Namun, pada versi CBU, tipe Ignite dijual dengan harga Rp 50 juta lebih murah dari tipe Magnify i-Smart.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com