Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Jarak Tempuh Normal Mobil Bekas yang Layak Dibeli

Kompas.com - 27/04/2024, 14:02 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Jarak tempuh mobil atau kilometer (km) menjadi salah satu faktor penting untuk mempertimbangkan konsumen saat membeli mobil bekas.

Pasalnya, jarak tempuh dapat memberikan petunjuk tingkat keausan mesin, kemungkinan perawatan yang diperlukan, serta prediksi umur pakai mobil di masa mendatang.

Selain itu, konsumen dapat mengukur nilai jual mobil, memperkirakan risiko pemakaian, dan membuat keputusan yang lebih mengenai pembelian mobil bekas.

Lantas, berapa kilometer ideal untuk mobil bekas yang layak dibeli?

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Spanyol 2024, Bagnaia Tercepat

Mobil bekas di Bursa Mobil Bekas Carsentro Solo Baru, Jawa Tengah KOMPAS.com/ SELMA AULIA Mobil bekas di Bursa Mobil Bekas Carsentro Solo Baru, Jawa Tengah

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, mengatakan, untuk mobil bekas lima tahun, kilometer yang normal berkisar 75.000 km hingga 100.000 km.

“Ya, itu pemakaian yang wajar, termasuk sedikit pemakaiannya,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, pemakaian mobil yang normal adalah sekitar 20.000 km per tahunnya.

Meski begitu, jarak tempuh mobil bekas bisa saja dimanipulasi agar terlihat lebih rendah dari aslinya. Maka dari itu, saat konsumen membeli, selain melihat dari kilometer, juga perlu memeriksa kondisi unitnya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, kebanyakan orang berpikir angka pada odometer bisa menjadi cerminan kondisi unit sehingga perlu dibuktikan saat pengecekan unit.

Baca juga: Kenaikkan BI Rate Dipercaya Tak Langsung Berdampak pada Sektor Otomotif


“Pastikan kondisi mesin bersih dan kering dari rembesan atau kebocoran oli. Jika odometer masih rendah, katakanlah 40.000 km seharusnya mesinnya tidak berkeringat atau basah oli,” kata Hardi.

Pemeriksaan juga bisa dilakukan di area sambungan mesin dan transmisi dengan memperhatikan bagian bawah mobil.

“Area tersebut merupakan pertemuan mesin dan transmisi, di dalamnya ada seal crankshaft dan seal transmisi, jika memang jarak tempuhnya masih sedikit seharusnya seal masih aman,” kata Hardi.

Beli mobil bekas di balai lelang dianggap lebih menguntungkan bagi konsumenKompas.com/Daafa Alhaqqy Beli mobil bekas di balai lelang dianggap lebih menguntungkan bagi konsumen

Selain itu, area mesin lainnya seperti rocker cover, cover timing, dan sambungan antarkomponen juga perlu diperiksa, pastikan tidak bocor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com