Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur MG4 EV dan Hyundai Ioniq 5, Mana Lebih Canggih?

Kompas.com - 04/01/2024, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG4 EV dan Hyundai Ioniq 5 sama-sama memiliki wujud crossover. Namun, untuk fitur-fitur yang disematkan belum tentu sama.

Banyak yang menilai bahwa mobil listrik lebih canggih dari mobil bermesin konvensional. Salah satunya karena fitur-fitur yang disematkan, pada umumnya tidak ditemui di mobil bermesin pembakaran internal.

Baca juga: Adu Desain, Lebih Ganteng Hyundai Ioniq 5 atau MG4 EV?

Untuk MG4 EV, Morris Garages (MG) sudah melengkapinya dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Teknologi tersebut meliputi banyak fitur canggih, seperti Front Collision Warning, Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, Rear-Cross Traffic Alert, Rear Collision Warning, dan lainnya.

Kamera parkir Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Kamera parkir Hyundai Ioniq 5

Selain itu, sudah dibekali juga dengan kamera 360 dan beragam fitur canggih lainnya untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara. Fitur-fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan yang ada di Ioniq 5.

Hyundai juga sudah menyematkan ADAS pada Ioniq 5, dengan kemampuan yang sama seperti pada MG4 EV. Soal fitur keamanan aktif dan pasif, kedua mobil ini sama-sama sudah sangat baik.

Baca juga: Adu Interior, Lebih Nyaman MG4 EV atau Hyundai Ioniq 5?

Kedua mobil listrik ini juga memiliki fitur vehicle-to-load (V2L). Namun, ada sedikit perbedaan antara MG4 EV dan Ioniq 5.

Pada MG4 EV, fitur V2L letaknya ada di luar mobil. Tenaga listrik diambil dari colokan yang sama dengan charging port dengan alat khusus yang mengkonversi colokan tipe CCS2 ke colokan rumahan biasa.

Kabel vehicle to load (V2L) mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Kabel vehicle to load (V2L) mobil listrik MG4 EV

Sehingga, dibutuhkan bantuan alat lagi untuk memanfaatkan fitur V2L pada MG4 EV. Mobil listrik ini dapat memasok daya hingga 2,4 kW.

Sementara pada Ioniq 5, fitur V2L diletakkan di kabin. Pada baris kedua, di bawah jok terdapat colokan yang dapat langsung dimanfaatkan untuk berbagai alat-alat listrik rumah tangga. Daya yang dapat dihasilkan bisa mencapai 3,6 kW.

Fitur Vehicle-2-Load (V2L) pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5Dok. HMID Fitur Vehicle-2-Load (V2L) pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Fitur lainnya yang sama-sama dimiliki adalah konektivitas smartphone dengan mobil. Pada MG4 EV, menggunakan aplikasi i-SMART. Sedangkan pada Ioniq 5, menggunakan aplikasi Bluelink.

Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang serupa, seperti menyalakan atau mematikan AC, mendiagnosa kondisi mobil, mengoperasikan berbagai fitur yang ada di mobil, serta masih banyak lagi fitur lainnya.

Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Namun, Hyundai kali ini lebih unggul. Sebab, teknologi Bluelink pada Ioniq 5 dapat melakukan panggilan darurat secara otomatis ketika mobil mengalami kecelakaan hingga airbag pengendara mengembang. Panggilan dapat dilakukan juga dengan menekan tombol Bluelink yang ada di bagian atap mobil.

Jadi, kedua mobil listrik tersebut sama-sama dibekali dengan teknologi dan fitur yang canggih. Tapi, Ioniq 5 memiliki sedikit beberapa keunggulan dibandingkan MG4 EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com