Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Mau Bangkitkan Motor Zaman Perang, Flying Flea

Kompas.com - 24/10/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield akhir-akhir ini memang sering mengembangkan motor dengan mesin 450cc dan 650cc. Cuma, ada pendaftaran paten berupa nama Flying Flea, motor legendaris zaman perang.

Dikutip dari Rushlane, kemungkinan nama ini akan dibawa lagi pada lini produk barunya Royal Enfield. Bicara soal sejarah, Flying Flea merupakan motor 125cc yang dipakai di era Perang Dunia II.

Nama Flying Flea karena motornya diantar pakai pesawat, diturunkan pakai parasut. Padahal aslinya, motor ini adalah WD/RE, tapi lebih populer buat disebut seperti itu.

Baca juga: Utomocorp Tunjuk Distributor Baru Royal Alloy, Italjet, dan NIU

Render motor listrik Royal EnfieldRUSHLANE/PRATYUSH ROUT Render motor listrik Royal Enfield

Motor perang ini sangat ringkas, bobotnya cuma 56 Kg. Jadi tentara bisa menentengnya saat melewati jalanan yang terlalu berat. Tangkinya sekitar 5,6 liter dan bisa melaju sejauh 240 Km.

Kecepatan puncaknya cuma sekitar 60 Kpj. Mesinnya sengaja didesain punya kompresi yang rendah, sehingga bisa pakai bahan bakar yang kualitasnya jelek.

Baca juga: Viral Video Bus Tronton Rosalia Indah Alami Ban Selip


Sebenarnya untuk motor baru yang pakai nama Flyin Flea ini kemungkinan tidak akan pakai mesin pembakaran dalam. Mengingat, butuh usaha lebih mengembangkan mesin baru yang lebih kecil, apalagi sekarang semua mengarah ke elektrifikasi.

Kemungkinan besar, Flying Flea akan jadi motor listrik entry level dari Royal Enfield. Desainnya mungkin akan seperti motor perang, cuma bedanya tidak pakai mesin, melainkan dinamo listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com