Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Beli Honda BeAT Fi Bekas, Cek Engine Mounting dan Kotak Sekring

Kompas.com - 20/09/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda BeAT mulai mendapatkan sistem injeksi pada generasi kedua yang rilis mulai 2012. Kemudian di 2014 keluar varian ESP dengan starter mesin lebih halus.

Selanjutnya di 2016-2020 keluar model baru dari BeAT yang desain bodinya berubah. Ketiga varian BeAT ini bisa dibilang masih dicari di pasaran, harganya mulai Rp 6 jutaan.

Bagi yang berminat membeli motor bekas tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti yang dijelaskan Aries Mandala, Kepala Bengkel Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor.

Baca juga: Mau Pelihara Honda BeAT Karbu, Simak Penyakit Langganannya

Penjualan Honda BeAT di Jawa Barat Penjualan Honda BeAT di Jawa Barat

"Untuk BeAT FI starter kasar tahun 2012 sampai awal 2014 dan yang starter halus (ESP) tahun 2014 sampai 2016, pastikan bagian engine mounting-nya dalam keadaan bagus," kata Aries kepada Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Aries menjelaskan, posisi engine mounting BeAT Fi tersebut lebih landai dari model BeAT Karbu. Jadi ada kemungkinan dudukan mesinnya sering terkena polisi tidur.

"Untuk BeAT 2016 sampai 2020 harus pastikan dari rumah sekringnya dalam keadaan baik dan tidak kotor. Itu berpengaruh ke sistem starternya," kata Aries.

Baca juga: Bus Bumel yang Masih Eksis Mengantarkan Penumpang


Selain itu, perhatikan juga dari lubang knalpot, karena bisa ketahuan mana yang mesinnya terawat dan tidak. Begitu juga dengan suara mesinnya, kalau bermasalah pasti kasar terdengar.

"Cek juga sistem pengereman, shockbreaker, dan handling, pastikan untuk test ride terlebih dahulu," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com