Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Respons Akselerasi Haval H6 HEV

Kompas.com - 04/05/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Haval H6 HEV resmi diperkenalkan oleh Great Wall Motor (GWM) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Sport utility vehicle (SUV) asal negeri Tiongkok ini dibanderol dengan harga relatif terjangkau, yakni Rp 595,8 juta.

Mengulas tampilannya, Haval H6 HEV memiliki desain sporty dan tangguh. Jika melihat bagian depan, fascia mobil ini didominasi dengan gril krom yang membentuk trapesium dengan tambahan tulisan Haval. Sementara sudut kiri dan kanan terlihat aksen garis yang tampak menyerupai kumis.

Karakteristik SUV makin diperkuat dengan bumper yang cukup tebal serta rumah foglamp yang membentuk sudut tajam.

Baca juga: Wuling Pastikan Cloud EV Tak Kanibalisasi Pasar Binguo EV

Pada sektor pencahayaan, Haval H6 HEV sudah dibekali dengan lampu LED, daytime running light (DRL), yang dibuat agresif dan menyipit.

Hasil akselerasi Haval H6 HEVKompas.com/Nanda Hasil akselerasi Haval H6 HEV

Berlanjut ke bagian kabin, Haval H6 HEV didominasi dengan perpaduan warna hitam dan beige. Pada beberapa bagian juga disematkan aksen rose gold, seperti pada setir, door trim dan dasbor.

Data di atas kertas, Haval H6 HEV mengusung mesin 1.499 cc 4 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 147 Tk pada 5.500-6.000 Rpm, dan torsi maksimal 230 Nm pada 1.500-4.000 Rpm. Mesin bensin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 174 Tk dan torsi 300 Nm.

Baca juga: Jokowi: Sabar, Penciptaan Ekosistem Kendaraan Listrik Butuh Waktu

Kompas.com mencoba mengukur seberapa cepat akselerasi Haval H6 HEV dengan alat Racelogic, pengukur kecepatan berdasarkan GPS. Pada alat tersebut, bisa tercatat akselerasi dari 0-60 kilometer per jam (kpj) dan 0-100 kpj.

Untuk pengetesan ini, Kompas.com memakai mode berkendara normal. Waktu yang didapat untuk 0-60 kpj adalah 4,1 detik.

Sedangkan untuk akselerasi 0-100 kpj, didapatkan waktu 8,8 detik. Hasil tersebut menunjukan respons yang sangat baik untuk ukuran SUV medium dengan mesin 1.500 cc.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com