Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Keyless buat Honda BeAT, Harga mulai Rp 800.000

Kompas.com - 22/08/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Honda BeAT merupakan skutik paling laku yang dijual Honda di Indonesia. Tapi, skutik entry level itu juga kini sering jadi incaran maling.

Salah satu penyebabnya adalah BeAT dengan model kunci dan pengaman magnetis sekarang mudah dibobol. Sedangkan maling lebih sulit mengambil motor yang kuncinya sudah mulai kenop atau keyless.

Oleh karena itu, modifikasi kunci BeAT jadi keyless memang bisa jadi solusi. Mengingat, sekarang juga sudah banyak bengkel yang menawarkan jasa tersebut, salah satunya Honzuyaka di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

Modifikasi kunci Honda BeAT jadi keyless Kompas.com/Fathan Modifikasi kunci Honda BeAT jadi keyless

Mulyono, Pemilik Honzuyaka mengatakan, untuk motor Honda BeAT yang baru, dengan bukaan bagasi di sebelah rumah kunci harganya mulai Rp 800.000.

"Paling murah ngejual ada Rp 800.000 sampai Rp 1 jutaan, itu belum sama pasang. Biasanya ongkos pasang Rp 100.000," ucap Mulyono kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Mulyono juga menyiapkan komponen keyless yang mirip dengan keluaran Honda, seperti di PCX dan Vario. Harganya tentu lebih mahal, mulai Rp 2,2 juta, belum sama pasang.

Baca juga: 7 Motor yang Lawan Arah Tertabrak Truk di Lenteng Agus, Lawan Arah Sulit Diberantas

"Bedanya kalau yang PCX ada lampu melingkari kenop, yang Vario enggak ada. Sistem kerjanya sama, ongkos pasang sama," kata Mulyono.

Untuk garansi, Mulyono memberikan enam bulan untuk perangkat keyless dan satu tahun untuk modulnya. Untuk pemilik BeAT lama, jangan khawatir, Mulyono juga punya paketnya cuma dengan harga lebih mahal.

"BeAT lama, Spacy, itu lebih mahal, Rp 3 juta. Harus diubah sedikit, dikasih cover lagi, dibuat rapi," kata Mulyono.

Mulyono mengatakan, pemasangan keyless cukup singkat, sekitar satu jam. Memang akhir-akhir ini dia sering menangani motor BeAT untuk penggantian ke sistem keyless, mencegah kemalingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com