Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Mekanik Honda Soal BeAT Jadi Incaran Maling

Kompas.com - 09/08/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Honda BeAT diakui oleh maling menjadi motor yang mudah dicuri. Padahal, skutik paling laris Honda tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman magnetis, sehingga sulit dibobol.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pengaman tersebut tampaknya sudah ketinggalan zaman. Maling bahkan bisa dibilang punya alat sendiri khusus untuk membuka pengaman magnetis tadi.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor mengatakan, semua motor yang masih pakai anak kunci sebenarnya persoalan mudah buat maling bobol.

Baca juga: Tambal Ban Motor Tubeless Model Tusuk Masih Bisa Bocor Halus

Pengiriman sepeda motor hasil curian digagalkan polisi. Rencananya, motor hasil curian itu bakal dibawa dari Jakarta ke Lampung. KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Pengiriman sepeda motor hasil curian digagalkan polisi. Rencananya, motor hasil curian itu bakal dibawa dari Jakarta ke Lampung.

"Udah khatam malingnya, apalagi Honda. Mau magnet seperti apa juga karena dia (magnet) dipasang di semua penjuru, jadi mudah dibuka," ucap Aries kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pendapatnya soal Honda BeAT jadi incaran maling karena motornya yang mudah dijual di penadah. Makanya BeAT, Scoopy, bahkan Vario jadi barang yang dicari oleh maling.

"Kalau Honda mungkin karena laris di penadah. Coba kalau merek lain, belum tentu, mau cari ke mana," kata Aries.

Baca juga: Simak Harga Innova Diesel Bekas, mulai Rp 100 Jutaan


Lalu, saat ini juga motor bekas maling tadi kerap diecer, barang-barangnya dijadikan spare part yang laku di beberapa daerah. Misal di daerah pinggiran, banyak yang cari suku cadang tapi kalau ke diler harus inden.

Makanya, motor yang laku di pasaran juga banyak dicari suku cadangnya. Lebih baik memang cari cara agar motor bisa terlindung dari aksi maling. Honda pun memberikan langkah pencegahan, dengan menyertakan gembok, gratis untuk pembelian Honda BeAT.

"Berlaku di semua diler, gembok gratis untuk pembelian BeAT Series," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com