Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindad Kenalkan Generasi Terbaru Mobil Tempur Maung

Kompas.com - 20/01/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad meluncurkan Kendaraan Operasional Satuan (Ranops) TNI 4x4 WD terbaru yang dijuluki 'Maung'.

Untuk diketahui, Maung merupakan kendaraan operasional satuan TNI. Mobil tempur ini sengaja diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa, mengatakan, Kendaraan Operasional Satuan yang dipamerkan merupakan versi ketiga dari Maung.

Baca juga: Penerapan Tarif Jalan Berbayar di Jakarta Perlu Strategi Khusus

Pindad Maung 4x4Dok. Pindad Pindad Maung 4x4

Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

"Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional," ujar Sigit, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/1/2023).

"Serta seri ketiga adalah TANGGUH untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata," ujar Sigit.

Baca juga: Usai Yamaha, Simak Jadwal Peluncuran Tim MotoGP 2023

Pindad Morino EV
KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino EV

Menurut Sigit, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya.

Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver dan dari sisi fungsionalitas bisa multi-purpose.

Proses produksi Ranops Maung dilakukan dengan optimalisasi komponen dan ekosistem otomotif nasional, sehingga mendukung terciptanya ekosistem industri otomotif yang mandiri.

Baca juga: Korlantas Harap Pansela Jadi Jalur Alternatif Berkeselamatan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat menyopiri Presiden Joko Widodo di sela-sela Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023 di Kantor Kemenhan, Rabu (18/1/2023) pagi.KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat menyopiri Presiden Joko Widodo di sela-sela Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023 di Kantor Kemenhan, Rabu (18/1/2023) pagi.

Pindad mengklaim TKDN Maung dikembangkan sebesar mungkin, hampir sekitar 65 persen dan akan terus ditingkatkan ke depannya.

Ranops Maung ini dapat mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses, yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang.

Selain itu, Maung tersedia dengan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka.

Baca juga: Ketahui Ada Manfaat Buka Kaca Samping Saat Mobil Parkir

Pindad MandalikaPINDAD Pindad Mandalika

Bicara soal mesin, Maung mengusung mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 Tk. Kendaraan ini dapat melaju di kecepatan aman 100 kpj dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Perihal kaki-kaki, di depan menggunakan independent coil spring, sementara suspensi belakang menggunakan rigid/independent with shock absorber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com