Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 11:22 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Parkir di tempat yang terbuka tidak sedikit pemilik mobil membuka sedikit kaca jendela mobil. 

Kondisi itu dilakukan untuk memberikan sirkulasi udara yang tetap masuk ke dalam kabin. Oleh karena itu, panas sinar matahari tak merusak komponen-komponen seperti jok dan doortrim. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, dengan jendela dibuka sedikit maka sirkulasi udara tetap bisa menyebar ke seluruh bagian kabin. 

Baca juga: Seberapa Besar Pengaruh Matikan AC dengan Efisiensi BBM Mobil

Udara panas dari sinar matahari juga berisiko menyebabkan kaca pecah. Kondisinya, udara panas seperti terperangkap di dalam kabin. Padahal, kata Syafruddin, sifat dasar udara tak mungkin berubah alamiah menjadi gas. 

Sirkulasi udara yang tetap ada walaupun mobil parkir berjam-jam akan menjaga suhu udara yang stabil. 

Tapi, Syafruddin menyarankan, untuk faktor keamanan dari aksi pencurian, kaca dibuka sebatas talang air alias door visor

Ilustrasi pecahkan kaca mobilwww.bankrate.com Ilustrasi pecahkan kaca mobil

"Cukup satu ruas jari. Kalau lebih terlalu berbahaya, barang-barang berharga yang disimpan rawan diincar pelaku kejahatan," ucapnya. 

Hal berbeda diungkapkan Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang. Menurutnya, tidak ada aturan yang mewajibkan untuk membuka kaca sedikit walaupun parkir di tempat yang panas. 

"Faktor keamanan itu nomor satu. Risiko mobil di curi, atau barang di mobil di bawa kabur besar sekali. Ada celah untuk berbuat kejahatan," kata Nanang. 

Kabin yang terlalu panas dapat segera teratasi dengan langsung membuka penuh kaca jendela saat akan melanjutkan perjalanan. 

talang airKompas.com/Erwin Setiawan talang air

Nanang pun menyarankan, sirkulasi udara luar dibuka saat AC pertama kali menyala, agar tak dipaksa melebihi batas kemampuan. 

Baca juga: Waspada Pencurian, Begini Cara Parkir Mobil yang Aman

"Dibuka full depan belakang saat mau jalan saja. Daripada risikonya tinggi. Kan manfaatnya cuma buat sirkulasi udara AC biar dingin," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.