Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Kapasitas Muatan Wuling Formo Max Vs Suzuki Carry

Kompas.com - 20/01/2023, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali tahun 2023, Wuling Indonesia memperkenalkan produk baru yang bergerak di segmen pikap B dengan penggerak dua roda, yaitu Formo Max.

Dengan harga Rp 160 juta sampai Rp 170 jutaan, mobil akan menantang langsung sejumlah kendaraan niaga yang sudah lama berada di pasar, seperti Suzuki Carry sebagai penguasa di segmen terkait.

Walau demikian, pihak Wuling Indonesia tak gentar karena Formo Max dibekali oleh sejumlah aspek yang diklaim mampu meningkatkan taraf hidup para penggunanya. Seperti, dimensi dan luas bak yang disebut lebih besar.

Baca juga: Indomobil Punya Platform Jual Beli Mobil Bekas

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

Lantas bila dibandingkan secara langsung, benarkah demikian?

Melansir lembar spesifikasi antar kedua produk tersebut, di atas kertas, Formo Max, punya panjang bak yang lebih unggul dengan 2.695 mm. Sementara carry, tercatat memiliki total panjang 2.505 mm.

Tetapi bila melihat lebar dan tingginya, Carry masih unggul dengan 1.745 mm dan 425 mm. Untuk Formo Max, lebar baknya 1.725 mm sedangkan tingginya 390 mm.

Kemudian untuk kapasitas angkut, baik Wuling Formo Max dan Suzuki Carry mengklaim bisa membawa barang dengan berat hingga 1 ton.

Ditambah lagi untuk bukaannya dinding baknya juga sama-sama pakai fitur 3-way, artinya proses naik turun barang bisa lebih mudah.

Baca juga: 2 Tahun Lagi Kendaraan Listrik Bakal Bebas PKB dan BBNKB

Suzuki Carry PikapSIS Suzuki Carry Pikap

Bukan cuma dimensi bak belakang, spesifikasi mesin pada mobil komersial juga terbilang penting biar enggak kedodoran saat membawa barang banyak.

Wuling Formo Max dibekali dengan mesin 1.500 cc yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan, mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga sebesar 98 dk pada 5.800 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 3.400-4.400 rpm.

Sedangkan Suzuki Carry Pick Up, menggendong mesin K15B-C berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga puncak 95 dk pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm pada 4.400 rpm.

Artinya, secara spesifikasi kedua produk ini hampir serupa tapi bila berbicara muatan, sangat tergantung kebutuhan dan peruntukkan. Panjang Formo Max memang lebih unggul tapi lebar dan tinggi masih belum terbaik di kelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.