Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Lampu Sein Tak Berkedip dan Sering Putus

Kompas.com - 26/08/2022, 13:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Lampu sein berperan penting dalam memastikan keselamatan berkendara. Fungsinya tak hanya sekadar sebagai pelengkap, tapi juga alat komunikasi.

Karena itu, pemilik mobil wajib memastikan fungsi lampu sein bekerja dengan baik. Tapi bila tiba-tiba mendapati lampu sein mati atau tak berkedip, baiknya segera melakukan pengecekan lebih lanjut. 

Andika Herda Permana, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang menjelaskan, lampu sein mati atau kedipan tidak normal bisa terjadi karena lima hal.

Bukan cuma berasal dari bohlam lampu sein, kelistrikan mobil yang bermasalah atau tegangan voltase aki juga bisa jadi biang keroknya. Berikut beberapa masalah pada lampu sein ;

Baca juga: Pertalite Diisukan Naik, Pendaftar MyPertamina Tembus Lebih dari 800.000

Lampu sein yang tidak berkedip bisa jadi disebabkan bohlam lampu terputus. Salah satunya karena pemakaian bohlam dengan tegangan di luar spesifikasi standar. 

Arus listrik yang terlalu besar membuat bohlam tidak mampu menahan dan membuatnya putus. Sementara arus yang terlalu kecil membuat lampu sein tidak berkedip.

  • Soket Bermasalah

Ilustrasi soket lampu seinDicky Aditya Wijaya Ilustrasi soket lampu sein

Meski sepele, namun soket lampu sein yang longgar bisa menyebabkan lampu sein sering mati. Karena goncangan berlebih soket bisa terlepas dan tidak mendapat aliran listrik. 

Bahkan, bagian soket yang kotor dan berdebu juga bisa menganggu kinerja lampu sein karena terhambatnay arus listrik. 

"Soket yang longgar dan dipaksakan untuk tetap digunakan maka aliran listrik dari Aki bisa terputus," Andika. 

  • Kelistrikan Bermasalah

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Andika mengatakan, jika bohlam barus saja diganti namun dalam hitungan singkat putus lagi, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada kelistrikan. 

Biasanya, masalah intalasi terjadi karena ada kabel yang mengalami korsleting atau putus di bagian headlamp dan stoplamp

"Ciri-cirinya dalam waktu singkat lampu bohlam sein diganti akan putus lagi. Kabel yang getas dan berada di posisi sulit dijangkau sering tidak kelihatan," ucapnya. 

  • Flasher 

Flasher bertugas menyalurkan arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala dan berkedip. Jika flasher rusak, maka dapat dipastikan lampu sein tidak akan berkedip bahkan tidak akan menyala.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com