Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Penyebab yang Bikin Power Window Macet

Kompas.com - 26/08/2022, 10:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir semua mobil baru sudah menggunakan power window yang merupakan fitur otomatis untuk membuka kaca jendela hanya dengan tekanan jari.

Mekanisme kerja power window menggunakan rangkaian sistem elektrik dan mengandalkan tenaga motor listrik. 

Dalam rangkaian sistem power window terdapat beberapa komponen seperti, dinamo, relay, sumber arus, dan switch

Bila salah satu komponen tersebut mengalami masalah, pastinya membuat pengguna mobil risih lantaran kaca jendela tak bisa lagi difungsikan. Paling repot bila sebelumnya kaca jendela dalam kondisi terbuka dan tak bisa lagi ditutup 

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Fungsi Shift Lock Mobil Matik

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, masalah power window macet atau tidak bisa naik biasanya disebabkan oleh bagian kelistrikan. 

Sekring power windowDicky Aditya Wijaya Sekring power window

 "Kalau berhenti di tengah cek sekring karena biasanya mengalami short. Beda lagi kalau macet total, kelistrikan dan saklar power window harus di cek satu persatu. Bisa jadi cuma kotor saja atau saklar bermasalah," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022). 

Sekring yang putus dampaknya membuat seluruh komponen power window tidak bisa berfungsi. Bila sudah diganti namun tetap bermasalah, maka harus di cek lebih lanjut.

Menurut Andika, pemeriksaan bisa dilanjutkan dari kondisi saklarnya. Pastikan dahulu tegangan arus listrik normal, jika masih gagal, kemungkinan ada korsleting arus. 

"Kerusakan saklar biasanya terjadi karena korsleting listrik sekring atau relay," kata dia. 

Beda lagi, jika sekring normal dan tidak ditemukan kasus korsleting pada saklar, maka besar kemungkinan motor atau regulator power window sudah lemah. 

Gerigi regulator yang sudah terkikis, menurt Dika bisa juga membuat motor power window macet. 

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik

"Jika regulator bermasalah kaca mobil tidak bisa naik turun. Juga berlaku bila gerigi terkikis gerakan kaca mobil bisa macet," tutur Dika. 

Saklar power windowDicky Aditya Wijaya Saklar power window

Ragil, Pemilik Bengkel Spesialis Pintu Mobil Ragil mengatakan, power window yang macet biasanya disebabkan masalah sepele.

Contohnya, soket yang kotor, meski dianggap remeh kinerja switch yang bertugas untuk menggerakkan kaca ke atas atau ke bawah jadi tak bisa digunakan. Setelah dibersihkan, soket power window di tes lagi apakah bisa berfungsi normal. 

"Biasanya soket yang kotor jadi penyebab seringnya switch power window tidak bisa berfungsi," kata Ragil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com