Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2022, 12:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Suatu waktu bisa saja terjadi mobil sudah jadwalnya spooring, tapi ban sudah mulai terlihat tipis. Hal itu tentu saja cukup membingungkan bagi sebagian orang.

Jika ternyata dengan ban tipis tersebut efek spooring tidak maksimal dirasakan, maka ada baiknya untuk tidak melakukan spooring terlebih dulu. Justru sebaiknya melakukan penggantian ban terlebih dulu sebelum melakukan spooring.

Bagi orang yang memiliki dana cukup sih tidak masalah ganti ban sekaligus spooring dan balancing, tapi bagi orang yang sedia dana terbatas maka perlu cerdas dalam menyikapi fenomena demikian.

Baca juga: Percuma Balancing Ban Mobil yang Sudah Aus

Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda. Dicky Aditya Wijaya Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda.

 

Service Manager Setiawan Spooring Rudy Antono, mengatakan bahwa ada kondisi ban tipis tertentu yang sebaiknya tidak melakukan spooring melainkan perlu mengganti ban terlebih dulu, tapi ada juga kondisi tertentu yang masih dapat ditoleransi.

“Perlu dilihat dulu seperti apa tipisnya ban, jika tipisnya itu masih aman untuk digunakan, dalam artian masih di atas batas TWI, dan ausnya merata, maka spooring masih bisa dilakukan dengan memaksimalkan ban-ban yang terbaik untuk ditaruh di sisi depan,” ucap Rudy kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Dia mengatakan sisi depan roda memegang peran yang penting karena dapat memengaruhi arah laju kendaraan. Sehingga, kondisi ban harus yang terbaik agar tujuan spooring tercapai.

Baca juga: Apakah Boleh Melakukan Spooring Tanpa Balancing?

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

“Roda belakang dan depan jika dibandingkan maka lebih prioritas yang depan, karena roda depan memengaruhi secara langsung arah laju kendaraan, jika kondisi ban jelak maka dapat membuat kendaraan lari kanan atau kiri saat melaju,” ucap Rudy.

Dia mengtatakan itu hanya bila pelanggan meminta untuk memaksimalkan ban yang masih dapat digunakan. Tapi kalau biasanya, pihak bengkel akan memberikan rekomendasi terbaik dengan menyarankan melakukan penggantian ban yang sudah tipis tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.