Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pelihara Morris Mini Klasik, Simak Kisaran Harga di Pasar

Kompas.com - 26/08/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan klasik saat ini cukup digemari masyarakat, terlebih lagi bagi para pehobi otomotif.

Salah satu mobil ikonik yang kerap menjadi buruan para kolektor adalah Morris Mini. Bahkan beberapa pemilik menjual mobil lawas ini dengan harga yang cukup fantastis.

Seperti contoh mobil Morris Mini Rover lansiran tahun 1989 yang dipasarkan oleh akun instagram bernama @77rshop. Akun Instagram tersebut menjual Morris Mini Rover 30th Anniversary Edition yang diklaim cuma ada 15 unit di Indonesia dengan harga Rp 580 juta.

Baca juga: Morris Mini Rover Lawas Dijual Rp 580 Juta, Apa Istimewanya?

Bagi sebagian orang awam, banderol tersebut pasti cukup membuat tercengang. Lantaran dengan dana hampir Rp 600 juta, calon konsumen bisa mendapatkan SUV anyar dengan tahun paling baru, seperti Fortuner atau Pajero Sport. Alih-alih membeli mobil bekas dengan usia yang cukup tua.

Namun, bagi Anda yang tertarik dan ingin meminang Morris Mini, kira-kira berapa dana yang harus disiapkan?

Mini Morris Anton Wisnu Nugroho Mini Morris

Aria Aradhea, anggota sekaligus penasihat Jakarta Morris Club (JMC) mengatakan, pada dasarnya harga bekas Morris Mini bervariasi, sehingga sangat sulit untuk menentukan harga bekasnya.

“Wah (harga) ini sangat variatif, bisa Rp 250 jutaan untuk kondisi bahan hingga Rp 600 jutaan. Agak susah kalau menentukan harga,” ucap Aria kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2022).

Berdasarkan pantauan tim redaksi di situs jual beli kendaraan bekas, Morris Mini dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi.

Seperti contoh untuk Morris Mini tahun 1972 dibanderol Rp 320 juta, sementara untuk tahun 1976 berada di angka Rp 335 juta. Kemudian untuk Morris Mini tahun 80-an atau tepatnya 1986 berada di kisaran Rp 420 juta.

Baca juga: Pasar LMPV Bergairah, Avanza Dominan, Stargazer Salip Confero

Sementara jika menginginkan tahun yang lebih muda, bisa memilih Morris Mini tahun 1990 dengan kisaran harga Rp 500 juta.

Baca juga: United Siap Luncurkan Motor Listrik Murah di Bawah Rp 15 Juta

Aria pun menyarankan, saat hendak membeli Morris Mini sebaiknya teliti dan berhati-hati. Jika menemukan harga yang fantastis dengan embel-embel edisi spesial, sebaiknya dipastikan dulu keasliannya.

“Kadang-kadang banyak detil Mini 30 (spesial edition) yang dipindahkan ke mobil lain (seperti setir, emblem, dll). Harus hati-hati, apakah anniversary editionnya benar, atau hanya sekadar tempelan emblem,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com