Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Cadangan Mobil Jangan Dipakai Terlalu Lama

Kompas.com - 02/05/2022, 10:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Ban merupakan salah satu elemen penting pada mobil. Di musim mudik seperti saat ini, pemilik mobil harus memastikan ban cadangan kendaraan dalam keadaan baik.

Namun, kejadian ban mobil bocor atau kempes menjadi kondisi umum yang dapat terjadi saat perjalanan ke kampung halaman. Oleh karena itu, peran ban cadangan atau ban serep mobil sangatlah penting saat perjalanan mudik.

Namun amankah menggunakan ban cadangan saat perjalanan mudik?

Baca juga: Bengkel Daihatsu di Jakarta yang Buka Saat Lebaran 2022

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan jika ban cadangan jenis temporary tire hanya dapat digunakan untuk kondisi tertentu saja tidak sehingga tidak bisa digunakan untuk perjalanan mudik.

Ban cadangan temporary tire hanya boleh digunakan di kecepatan dan di kondisi-kondisi tertentu saja. Ban tipe ini hanya digunakan untuk berkendara ke tempat tambal ban atau tempat ganti ban saja,” kata Sony belum lama ini pada Kompas.com.

Ban serep dengan posisi di kolong mobilKompas.com/Donny Ban serep dengan posisi di kolong mobil

Sony menjelaskan jika ban cadangan mobil memiliki ukuran dan jenis yang berbeda. Ada ban cadangan yang ada yang ukurannya sama dengan ban dipakai atau pula yang tidak.

Namun, jika menggunakan ban temporary tire ukurannya akan memang berbeda. Temporary tire menggunakan velg kaleng yang ukurannya berbeda dengan ban utama.

Maka dari itu, ban jenis ini memiliki kecepatan terbatas sehingga tidak baik digunakan untuk perjalanan mudik yang panjang dan melalui berbagai medan jalan.

Baca juga: Kemenhub Antisipasi Arus Balik pada 7-8 Mei 2022

Jika dipaksakan akan membahayakan keselamatan saat berkendara karena mobil tidak seimbang.

Agar perjalanan mudik aman, hendaknya pengemudi harus tahu apakah ban cadangan mobil memang sama ukurannya sama dengan ban yang terpasang di tempat bannya.  Atau  pastikan terlebih dahulu apakah ban tersebut adalah temporary tire atau bukan. 

“Kalau ban cadangannya adalah temporary tire, artinya ukuran dan ketebalannya akan berbeda dengan ban lainnya. Oleh karena itu, kecepatannya harus disesuaikan dengan yang tertera di side wall atau dinding ban,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com