Hyundai Diam-diam Luncurkan Santa Fe CKD, Fitur Berkurang Harga Sama

Kompas.com - 01/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motors Indonesia melakukan pembaruan pada produknya yang bermain di segmen SUV medium yakni Santa Fe.

Hyundai sebenarnya tidak melakukan peluncuran yang besar-besaran soal pembaruan tersebut. Informasi yang redaksi terima pun dari salah satu sales Hyundai di kawasan Jakarta Selatan.

Informasi terbaru dari Hyundai Santa Fe ini adalah produksinya yang kini sudah dirakit di Indonesia atau CKD. Sebelumnya, Hyundai Santa Fe masih diimpor secara utuh atau CBU dari Korea Selatan.

Baca juga: Kawal Mudik Naik Mobil Listrik, Hyundai Siapkan Mobile Charging

Test Drive Hyundai Santa FeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Santa Fe

"Ini enggak ada launching, hanya ada perubahan saja di bulan ini," ucap pramuniaga Hyundai kepada Kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Tidak ada ubahan yang dilakukan pada bagian eksterior Hyundai Santa Fe. Ubahannya lebih mengarah ke sektor mesin serta fitur yang ada di kabinnya.

"Mesin saat ini yang CKD berubah dari Euro 2 ke Euro 4," ucapnya.

Baca juga: Akibat Gunakan Bahu Jalan, HR-V Nyaris Tabrak Mobil yang Sedang Ganti Ban

Mengingat Santa Fe punya varian dengan mesin diesel di Indonesia dan tentunya harus mengikuti regulasi terbaru yang berlaku per April 2022. Regulasi tersebut adalah semua mobil dengan mesin diesel di Indonesia harus lolos standar emisi Euro 4.

"Untuk interior, varian Signature sudah tidak kombinasi coklat lagi, melainkan full black," kata dia.

Namun, ada salah satu fitur yang hilang, yakni Electromonic rear view mirror. Perubahan kaca spion yang tadinya otomatis mencegah silau secara otomatis, kini jadi manual dengan tuas.

Test Drive Hyundai Santa FeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Hyundai Santa Fe

"Tapi garansi mesin bertambah dari 3 tahun menjadi 4 tahun. Kemudian karena sudah CKD, spare parts nantinya akan lebih cepat dan mudah serta gratis parts sampai 3 tahun," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.