Kompas.com - 01/05/2022, 17:13 WIB
|


JEREZ, KOMPAS.com - Juara Dunia lima kali Jorge Lorenzo resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP. Penghargaan paling prestisius karena tidak semua berhak menyandang status tersebut.

X-Fuera dilantik di Hall of Fame di Circuito de Jerez-Angel Nieto dalam sebuah acara khusus pada Sabtu (30/4/2022) waktu setempat, untuk menghormati kariernya yang panjang dan sukses.

Dalam pidatonya Lorenzo mengatakan suka balap motor sejak remaja. Dia ingin jadi seorang pebalap sejak pertama kali melihat para pebalap di zamannya bertarung di sirkuit.

Baca juga: Skuter Listrik Austria InI Punya Tampang Futuristik

Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan PorscheDok. @jorgelorenzo99 Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan Porsche

"Saya tiba di sini 20 tahun yang lalu di trek ini untuk melakukan debut dan saya masih berusia 14 tahun pada hari Jumat. Jadi, saya pergi menonton di beberapa tikungan dengan skuter dan saya melihat orang-orang seperti Cecchinello, Ueda, Vincent, Pedrosa, Poggiali semuanya balapan," katanya mengutip MotoGP.com, Minggu (1/5/2022).

"Bagi saya, mereka adalah pahlawan. Saya melihat mereka mengendarai motor dengan sangat agresif dan cepat, sehingga saya bertanya-tanya apakah suatu hari nanti saya bisa mencapai level itu," katanya.

Kini dua dekade kemudian, dia dianugerahi sebagai tokoh berpengaruh di MotoGP. Pencapaian dan pengakuan tertinggi dari dunia balap mengenai kesuksesannya.

Baca juga: Marquez Dibantu Miller Saat Kualifikasi, Ducati Sindir Honda

Juara Dunia lima kali Jorge Lorenzo resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP. Foto: MotoGP.com Juara Dunia lima kali Jorge Lorenzo resmi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP.

“Sekarang, saya diberi kehormatan menjadi Legenda MotoGP dari Dorna, dari Carmelo, yang selalu memperlakukan saya dengan sangat baik, dan ini berarti lebih dari kejuaraan yang saya menangkan.

"Karena semua Legenda MotoGP adalah juara yang hebat, tapi tidak semua juara bisa disebut sebagai Legenda, jadi saya sangat bangga menjadi bagian dari grup yang luar biasa ini, nama-nama ini," katanya.

"Saya sangat beruntung, sangat bersyukur memiliki kehidupan yang saya miliki berkat MotoGP," ungkap Lorenzo.

Baca juga: Polisi Sebut Masih Ada Gelombang Mudik dari Jakarta

Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan PorscheDok. @jorgelorenzo99 Jorge Lorenzo akan mengikuti balap mobil menggunakan Porsche

Lorenzo bergabung dengan daftar panjang pebalap hebat di antaranya, Valentino Rossi, Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato dan Eddie Lawson.

Kemudian ada Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Baca, Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli dan Freddie Spencer.

Serta Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Crivillé, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington , Dani Pedrosa, Stefan Dörflinger, Jorge 'Aspar' Martinez, dan Nicky Hayden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.