Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tes Pramusim MotoGP 2022 di Mandalika, Ada 4 Prioritas Pekerjaan

Kompas.com - 30/01/2022, 13:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Ajang balap internasional MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Sebelumnya, tes pramusim bakal dilakukan pada bulan depan, tepatnya 11-13 Februari.

Dengan sisa waktu yang kurang dari dua pekan, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggodok sejumlah persiapan agar Sirkuit Mandalika siap menjadi lokasi tes pramusim tersebut.

MGPA menjelaskan, ada empat fokus pekerjaan yang jadi prioritas saat ini, yakni perbaikan drainase saluran air di trek, pembangunan tribun penonton, pembenahan lintasan balap, dan penyediaan sumber daya manusia (SDM) sebagai marshal.

Baca juga: Pemerasan Berkedok Tabrak Lari, Ini Pentingnya Dashcam di Mobil

Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

MGPA menyebutkan, drainase di trek balap yang memang jadi salah satu isu utama saat gelaran WorldSBK 2021 kemarin masih terus diperbaiki.

Melansir rilis resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Minggu (30/1/2022), Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba menjelaskan bahwa empat poin prioritas tersebut tengah dikebut pengerjaannya.

Namun bukan sembarang dikebut, Samsul menegaskan bahwa pengerjaan berbagai prioritas tersebut tidak bisa asal-asalan sekadar selesai, mengingat pihaknya diminta langsung oleh Dorna untuk memenuhi persyaratan standar gelaran balap skala internasional.

Baca juga: Bocor Wujud Bus PO Lorena dan Karina Terbaru

Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022Dok. MGPA Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022

"Kami memastikan seluruh pekerjaan ini telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek teknis sehingga dapat memenuhi persyaratan standar yang diminta Dorna," kata Samsul.

Untuk pembenahan lintasan balap utama berupa pengecatan beberapa area barrier sesuai permintaan FIM sudah dilakukan. Pembenahan tire barrier alias dinding ban pengaman dan pemasangan digi flag juga sudah rampung dikerjakan.

Ia juga menyebutkan, pihaknya sedang meningkatkan kesiapan SDM di Tanah Air khususnya di Mandalika agar MotoGP ini bisa berjalan lancar tanpa kendala berarti. Marshal yang dikerahkan nantinya masih mengutamakan tenaga yang bertugas saat WorldSBK kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com