BMW Indonesia Fokus Jualan Mobil Listrik Mulai Tahun Ini

Kompas.com - 30/01/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia mulai menunjukan keseriusannya dalam menghadapi tren kendaraan listrik di tanah air. Hal ini terbukti dengan menghadirkan tiga mobil bertenaga listrik di tahun 2022.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun kendaraan listrik tak hanya untuk BMW tetapi juga untuk Mini.

Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, Jodie menilai, bahwa Indonesia sebetulnya sudah siap menyambut kendaraan listrik. Hanya saja masih ada beberapa faktor yang membuat masyarakat ragu beralih untuk beralih ke kendaraan listrik.

Baca juga: 15 Mobil Baru BMW Siap Sapa Para Sultan di 2022

“Masih banyak masyarakat yang ragu, seperti memikirkan jarak tempuhnya bisa atau tidak, kemudian waktu berapa lama untuk charging kendaraannya, itu juga mereka belum yakin,” ucap Jodie di Jakarta Selatan, Jumat (28/1/2022).

Maka dari itu, di tahun ini pihaknya tak hanya fokus pada penjualan mobil listrik tetapi juga menyebarkan pengetahuan seputar manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan dari kendaraan listrik.

BMW i4BMW Group BMW i4

Sebagai informasi, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tiga kendaraan listrik, dua di antaranya dari merek BMW yakni BMW iX dan i4, kemudian satu lagi dari Mini, yakni Mini Electric.

“Ketiganya didatangkan langsung dalam kondisi utuh atau completely built up (CBU) dari luar negeri, dan jumlahnya juga sangat terbatas,” kata Jodie.

Sebagai informasi, iX menjadi line-up baru SUV BMW. Di negara asalnya misalnya, iX memiliki 2 varian, yakni iX xDrive 40 dan iX xDrive 50 yang memiliki kemampuan jelajah hingga 600 km. iX menawarkan platform baru serta konstruksi lebih segar.

Mobil ini juga menjadi pelopor dalam menghadirkan eksterior yang minimalis dengan sentuhan modern untuk keluarga BMW di masa depan.

Kemudian untuk BMW i4 yang merupakan mobil sedan sport listrik pertama dari BMW, diklaim mampu menempuh jarak 590 kilometer (WLTP) dan hingga 300 mil (EPA). Jarak tempuh tersebut menjadi yang terjauh saat ini, sebab Tesla, Mercedes-Benz dan lainnya baru mencapai jarak 400 kilometer hingga 500 kilometer.

Mini Cooper SE berteknologi listrikKOMPAS.com/Ruly Mini Cooper SE berteknologi listrik

Baca juga: Pemerasan Berkedok Tabrak Lari, Ini Pentingnya Dashcam di Mobil

Sementara itu Mini Electric merupakan sebuah hatchback dengan daya tarik khas Mini lainnya, dibekali motor listrik berkekuatan 150 kilo Watt atau setara 200 daya kuda dan torsi 220 Newton meter. Mini Electric diklaim bisa menempuh jarak hingga 156 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.