Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Lady Bikers Touring 500 Km, Usung Kebangkitan Ekonomi Jabar

Kompas.com - 30/01/2022, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022 dengan mengunjungi berbagai destinasi pariwisata serta sentra UMKM di Jawa Barat.

Kelimanya mengunjungi tiga kabupaten di Jawa Barat yakni Garut, Tasikmalaya dan Kuningan untuk mempromosikan gaung MotoGP seperti yang dititipkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat pelepasan, Senin (24/1/2022).

Kelima Srikandi masing-masing yakni Agis Cantini seorang mahasiswi jurusan Seni Sunda Unpad dan penyanyi lagu Sunda dan Cindy Febriyanti mahasiswi Ilmu Komunikasi Unikom pegiat olahraga berkuda dan motocross.

Baca juga: Honda Lead 125, Sepupu Vario yang Pakai Teknologi Mesin PCX160

Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022. Foto: Wonderful Ride/ArianStone Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022.

Kemudian Putri Ahdiani seorang penulis, sketch and painting artist, Lulu Marsyalia pegiat social movement kunjungan ke Lapas Anak, serta Rania ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai driver ojek online.

Kelima lady bikers ini menunggangi motor beraneka model dari Yamaha Jabar dan dipimpin oleh selebritas Eddi Brokoli yang menjadi road captain pada perjalanan sejauh 500 km.

Srikandi Wonderful Ride mendapat dukungan dari Mitsubishi Motors Indonesia, Dyandra Promosindo, Yamaha Jabar, Eiger Adventure, Elders Company, Zutto Ride, Pirelli Indonesia, KYB Zeto, GS Astra, Evalube, LA 32 Riders, Belajar Helm, Bikers Sapu Bersih dan SSFC Indonesia.

Pada hari pertama, Selasa (25/1/2022) para srikandi yang berangkat dari Bandung bergerak menuju kawasan Rancabuaya Garut dengan melewati jalanan berkelok yang menyajikan pemandangan asri kebun teh melalui jalur selatan.

Baca juga: Bukan Rossi, Dovi Jadikan Lorenzo Role Model Buat Taklukkan Yamaha M1

Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022Foto: Wonderful Ride/ArianStone Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022

Kelimanya menikmati destinasi wisata seperti Curug Naringgul di Cianjur sebelum akhirnya finis di Pantai Cidora untuk menyaksikan keindahan sunset atau matahari terbenam di pinggir pantai.

Perjalanan hari kedua, Rabu (26/1/2022) ikut melepaskan Tukik Hijau di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya. Tukik hijau merupakan hewan langka dan dilindungi.

Seperti diketahui populasi penyu mulai terancam saat berada di laut akibat banyak predator seperti burung elang, ikan, kepiting yang memburunya sebagai santapan.

Baca juga: Colokan USB Lebih Aman Dibanding Stop Kontak di Kabin Bus

Para srikandi juga mendatangi salah satu sentra ekonomi kreatif yakni mengunjungi sanggar Payung Geulis Karya Utama.

Di sanggar seni ini para Srikandi bertemu dengan Mak Iyah yang telah menekuni seni lukis selama 68 tahun dan menggunakan kuas lukis yang terbuat dari rambutnya sendiri. Bersama Mak Iyah, Putri juga berkolaborasi membuat sebuah karya lukis payung.

Perjalananan hari ketiga Kamis (27/1/2022) rombongan bergerak menuju Kabupaten Kuningan dan sambut oleh Bupati Acep Purnama beserta jajarannnya serta berbagai komunitas motor.

Baca juga: Tilang Elektronik di Palembang Mulai Februari 2022, Catat Lokasinya

Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022Foto: Wonderful Ride/ArianStone Perjalanan para lady bikers yang tergabung dalam Srikandi Wonderful Ride telah menyelesaikan misinya selama 3 hari, 25 -27 Januari 2022

Para bikers mengunjungi salah satu obyek wisata andalannya, yakni di Waduk Darma, rombongan menuju destinasi terakhir yakni Desa Wisata Cibuntu.

Para Srikandi juga membuat aktivitas membersihkan toilet dan sarana umum bersama komunitas Bikers Sapu Bersih.

Kemudian menyambangi berbagai potensi alam dan sarana yang ada di Desa Cibuntu, seperti Air Terjun, Mata Air Cikaguripan yang bisa diminum langsung airnya, Situs Purbakala, Camping Ground, Area Panahan, Kampung Domba, Terapi Ikan dan berbagai obyek wisata lainnya.

Perjalanan berakhir dengan mengadakan diskusi yang melibatkan para pejabat Pemerintahan, pegiat ekonomi kreatif, komunitas motor lokal untuk bersinergi meningkatkan kunjungan wisata dan daya saing produk lokal Kuningan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com