Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Mobil Baru, Ingat Pentingnya Servis Pertama ke Bengkel Resmi

Kompas.com - 03/01/2022, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit konsumen yang membeli mobil baru saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Sales (GIIAS) 2021. Sebagian juga sudah mulai menerima pesanan mobil baru, awal tahun ini.

Bagi para pemilik mobil baru, perlu diingat bahwa melakukan servis pertama sangat penting. Sebab, tak hanya untuk menjaga performa mobil, tapi juga ada hubungannya dengan garansi.

Baca juga: Resolusi 2022 Ingin Punya Mobil Baru, Simak Cara Kredit yang Mudah

Untuk diketahui, waktu servis pertama mobil baru berbeda dengan perawatan rutin mobil yang sudah dipakai lama. Pada mobil baru, jarak servis pertama cukup dekat, umumnya ketika mobil sudah menempuh 1.000 km.

Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.KOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Booth Toyota yang menampilkan Avanza baru pada ajang GIIAS 2021 dipenuhi konsumen yang penasaran.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, bahwa jangka waktu untuk servis pertama mobil baru memang dilakukan lebih cepat.

Servis pertama mobil baru dilakukan untuk pengecekkan semua bagian, apakah ada malafungsi atau kelainan termasuk mesin, rem serta komponen lainnya,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2021

Mobil baru yang dibeli dari diler didatangkan langsung dari pabrik. Sehingga, saat digunakan pada jarak tertentu perlu dilakukan pengecekan berbagai komponennya.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

“Untuk servis pertama ini oli tidak perlu diganti, tapi hanya dilakukan pemeriksaan saja,” kata Didi.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, servis pertama itu merupakan hal wajib yang tak boleh dilewatkan. Sebab, servis pertama juga menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan.

Auto2000Auto2000 Auto2000

“Tidak boleh dilewatkan, karena ini pertama syarat warranty, kemudian kedua pengecekan komponen dan fungsi, jadi harus dilakukan dan tetap harus diservis. Kemudian belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin," kata Nurrahman.

Meskipun, tidak ada yang mengkhawatirkan atau tidak ada yang dikeluhkan, servis pertama tetap wajib dilakukan karena merupakan syarat dari garansi. Apabila sampai telat atau tidak dilakukan, maka garansi bisa saja tidak berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com