Resolusi 2022 Ingin Punya Mobil Baru, Simak Cara Kredit yang Mudah

Kompas.com - 02/01/2022, 15:21 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru menjadi saat yang tepat bagi masyarakat untuk menetapkan resolusi yang ingin dicapai. Salah satu resolusi yang bisa ditulis adalah memiliki mobil baru.

Membeli mobil baru bisa dilakukan secara tunai atau kredit. Bagi Anda yang memutuskan untuk melakukan kredit mobil baru, ada beberapa tips yang bisa dipelajari agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

1.Sesuaikan dengan kebutuhan

Kepala Cabang Auto2000 Kapuk Jakarta Utara Evi Soviasari mengatakan, banyak pelanggan yang membeli mobil baru tanpa melihat kebutuhannya terlebih dahulu alias hanya memikirkan gengsi semata.

Padahal, pembelian dilakukan secara kredit yang angsurannya harus dibayarkan dalam jangka waktu cukup lama.

“Maka dari itu, pastikan mobil yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan dan disepakati oleh seluruh anggota keluarga,” ucap Evi, Minggu (2/2/2022).

Baca juga: Tonton Iklan Jadul Motor Honda Astrea Black Exclusive

2. Sesuaikan dengan Keuangan

“Pastikan sebelum melakukan kredit mobil calon konsumen sudah menyiapkan down payment (DP) dengan kisaran antara 20 persen – 30 persen dari harga mobil. Pastikan pula cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya sudah sesuai dengan kemampuan,” kata Evi.

Ia menegaskan, calon konsumen wajib mempertimbangkan cicilan kredit lain yang sudah diambil seperti KPR, sepeda motor, atau kartu kredit.

“Pastikan setelah digabung dengan cicilan mobil baru tidak melebihi 30 persen dari penghasilan perbulan supaya keuangan tetap sehat dan bebas stres,” kata dia.

Auto2000Auto2000 Auto2000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.