Catat, Ini Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan

Kompas.com - 02/01/2022, 20:21 WIB
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem. BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia ini. SHUTTERSTOCK/Alexandru ChiriacIlustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem. BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia ini.

JAKARTA, KOMPAS.COM – Sebagian wilayah Indonesia masih kerap dilanda hujan lebat. Diperlukan persiapan yang ekstra bila berkendara saat hujan.

Mulai dari waspada pada kondisi jalan yang licin, hingga waspada pada pandangan karena akan penglihatan terbatas saat dilanda hujan.

Tidak hanya persiapan dari kondisi pengendara saja, namun kondisi mobil juga perlu pemeriksaan. Memeriksa komponen mobil saat musim hujan berguna untuk mengetahui kondisi mobil.

Baca juga: Waspada Ngantuk di Tol Trans Jawa, Wajib Istirahat Tiap 3 Jam

Umumnya, ada beberapa komponen yang alami permasalahan kala musim hujan. Oleh karena itu, memeriksa komponen-komponen ini adalah yang wajib rutin dilakukan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika ada enam komponen yang wajib dicek saat musim hujan.

“Kondisi ban, kondisi rem, kondisi mesin, wiper, air washer dan kelistrikan seperti lampu-lampu,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/1/2022).

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan medan jalanan. Oleh karena itu selalu pastikan ban tidak dalam keadaan botak dan tekanan angin telah sesuai standar pabrikan.

Rem mobil juga wajib diperiksa secara berkala. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memastikan kondisi kampas rem. Bila saat melakukan rem terdengar bunyi decitan, itu menjadi tanda kampas rem perlu diganti.

Baca juga: Bahayakah Karat di Piringan Cakram Mobil?

Sebagai komponen vital mobil, mesin mobil juga wajib diperiksa. Kabel listrik pada ruang mesin umumnya anti air, namun tidak menjadi alasan untuk tidak memeriksa mobil saat musim hujan.

“Pada komponen wiper, karet wiper harus prima untuk menyapu air di kaca dengan baik,” tutup Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.