Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Wuling Mulai Berimbas ke Mobil Bekas

Kompas.com - 01/11/2017, 18:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif - Sejak Wuling mulai melakukan distribusi unit, penjualan pasar mobil bekas (mobkas) mulai merasakan dampak pelemahan. Terutama untuk mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) dan MPV sejuta umat.

Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, menjelaskan pelan tapi pasti efek kehadiran Wuling sudah terasa mengganggu, bahkan kisaran harga untuk Avanza, Xenia, dan Mobilio bekas juga sudah mulai merosot.

"Sudah mulai dari pertengahan bulan (Oktober) terasa. Untuk segmen yang kena itu LCGC terutama model Calya dan Sigra, lalu Avanza dan teman-temannya di segmen itu," ucap Herjanto kepada KompasOtomotif, Senin (31/10/2017).

Menurut Herjanto, pelemahan LCGC dan MPV sejuta umat akibat kehadiran Wuling cukup wajar. Selain dari sisi harga yang sangat kompetitif, secara kualitas produk banyak orang yang menggangap Wuling cukup baik.

Baca : Wuling Lebih Menggangu Ketimbang Xpander

Mobkas Mobil88Stanly/Otomania Mobkas Mobil88

"Seperti  waktu itu saya pernah bilang, kalau dari konsumen dan beberapa pedagang di sini (WTC), built material Wuling dianggap cukup baik ya. Logikanya juga cukup wajar kalau menggangu, karena dari harga yang kompetitif dengan Avanza bekas orang pasti cenderung pilih produk baru yang masih bergaransi pabrikan, wajar lah," ucap Herjanto.

Bukan hanya Herjanto, Teddy pedagang mobkas di MGK Kemayoran juga mulai merasakan dampak kehadiran Wuling. Menurut Teddy, pergerakkan mobkas di segmen MPV sejuta umat sudah mulai melambat.

"Kalau dulu orang banyak cari untuk taksi online, sekarang mulai turun lagi. Konsumen cenderung menahan dan membanding-bandingkan dari beragam sisi, mulai harga, barang, sampai kualitas," kata Teddy.

Baca Juga: Xpander Bekas Bisa Seharga Mobil Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com