Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza dkk Naik di Agustus, Xpander dan Wuling Masih Absen

Kompas.com - 18/09/2017, 12:51 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Data wholesales kendaraan bermotor roda empat Agustus 2017, sudah dirilis pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), rata-rata modelnya mengalami kenaikan.

Total kenaikan pasar secara keseluruhan pada bulan kedelapan ini mencapai 20.408 unit, atau naik 15,97 persen dibanding Agustus 2016 lalu. Pertumbuhan tertinggi dialami oleh Honda Mobilio sampai 30 persen, atau menjadi 3.031 unit.

Kemudian disusul Suzuki Ertiga yang melonjak 32,28 persen sebanyak 3.128 unit, di mana pada tahun sebelumnya hanya mencapai 2.289 unit. Peningkatan ketiga ada Toyota Avanza, yang growth 11,95 persen.

Baca juga : Fokus Ekspor Xpander di ASEAN

Gambaran data wholesales ini seolah menunjukkan, kalau performa LMPV veteran bergeming, walaupun kehadiran pendatang baru Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Wholesales sendiri merupakan jumlah pasokan mobil dari parik ke diler, bukan dari diler ke konsumen. Tentunya, sehat atau tidaknya pasokan, bakal bisa dilihat sampai akhir tahun, apalagi ketika ada banderol diskon yang menempel.

Sayangnya, dua model yang ditunggu-tunggu ada di dalam data wholesales Gaikindo Agustus ini, Xpander dan Confero S, malah masih absen. Padahal biasanya dari dari tersebut, unit sudah dikirim ke diler bahkan satu bulan sebelum peluncuran dilakukan.

Mungkin bisa dimaklumi untuk Wuling Confero S, karena diler-dilernya baru saja diresmikan baru-baru ini, yang bisa jadi baru masuk datanya pada laporan wholesales September 2017 nanti. Tapi, mengapa pihak perusahaan sudah menyatakan telah serah terima unit perdana di Bali?

Baca juga: Wuling Mulai Dinikmati Masyarakat Bali

Wholesales LMPV Januari-Agustus 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LMPV Januari-Agustus 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com