Fokus Ekspor Xpander di ASEAN - Kompas.com

Fokus Ekspor Xpander di ASEAN

Aditya Maulana
Kompas.com - 14/09/2017, 07:22 WIB
Perpaduan konsep SUV dan MPV diklaim membuat Xpander unik di kelasnya.KOMPAS.com/Tiara Fitriyani Perpaduan konsep SUV dan MPV diklaim membuat Xpander unik di kelasnya.

Makassar, KompasOtomotif - Kapasitas produksi Mitsubishi Xpander di pabrik baru kawasan Greenland International Center, Deltamas Cikarang mencapai 80.000 unit per tahun. Komposisinya 60.000 untuk pasar domestik, dan 20.000 lagi disiapkan buat ekspor.

Awal tahun depan, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mulai melakukan ekspor small MPV-nya itu ke beberapa negara, khususnya wilayah ASEAN.

"Kuota awal belum bisa dipastikan angka pastinya, tetapi sekitar ribuan unit untuk sampai semester pertama 2018," ujar Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI, di Makassar, Rabu (14/9/2017).

Negara pertama yang akan dituju, yaitu Philipina, kemudian berlanjut Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Bahkan, Kondo juga mengatakan ke depan bisa menuju Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

Baca juga: Diler Mitsubishi Semringah Punya Xpander

"Tetapi untuk itu belum bisa kita informasikan kapan dimulai, sekarang fokus dulu memenuhi pasar domestik dan juga ekspor di ASEAN," kata Kondo.

Domestik

Xpander itu sendiri baru mulai diproduksi dalam waktu dekat, sejak pertama diluncurkan pada 10 Agustus 2017 hingga awal bulan ini sudah terjual 15.000 unit lebih. Proses pengiriman ke tangan konsumen dilakukan awal Oktober 2017, secara bertahap.

"Kapasitas produksi pabrik kita untuk pasar lokal 60.000 unit per tahun, tetapi untuk sekarang ini belum bisa penuh, kita akan lakukan secara bertahap dan dipastikan mulai bulan depan sudah dikirim ke konsumen," kata pria asal Jepang itu.

PenulisAditya Maulana
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM