Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aion Produksi Lokal Mobil Listrik mulai Kuartal-I 2025

Kompas.com - 26/09/2024, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Sebagai bagian dari GAC Group, Aion mulai melebarkan pasarnya ke Indonesia. Dalam waktu dekat, pabrikan asal China ini juga bersiap membangun fasilitas produksi di Tanah Air.

Andry Ciu, CEO Aion Indonesia, mengatakan, perusahaan berkomitmen menghadirkan mobil listrik dengan harga yang sesuai ekspektasi masyarakat.

Menurutnya, mobil listrik Aion tidak akan asal murah. Tapi sebisa mungkin menyesuaikan dengan yang diharapkan oleh konsumen, baik dari sisi harga dan model.

Baca juga: Belajar dari Insiden Ambulans Bikin Macet, Sopir Sebaiknya Paramedis

Aion Y Plus resmi jadi produk pembuka GAC Aion Indonesia, yang menandakan komitmennya untuk menggarap pasar nasional. Kompas.com/Adityo Aion Y Plus resmi jadi produk pembuka GAC Aion Indonesia, yang menandakan komitmennya untuk menggarap pasar nasional.

“Semua model (akan diproduksi lokal), Aion Y Plus dan Hyptec HT semuanya sama,” ujar Andry di Bandung, Rabu (25/9/2024).

“Sementara yang mulai start ini belum (termasuk baterai), karena kebutuhannya hanya 40 persen TKDN. Kalau ada baterai pasti lebih besar dari 40 persen, ke depannya tergantung persyaratan regulasi,” kata dia.

Ia juga mengatakan, produksi mobil listrik Aion akan dilakukan di pabrik milik sendiri yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Baca juga: Daihatsu Pamer Rocky Crossfield dan Bawa Xenia ADS di GIIAS Bandung

“(Jumlah investasi) nanti ya, masih on process berdiri, sekarang baru pitching equipment dan layout equipment. Target start of production kuartal-I tahun depan,” ucap Andry.

Sebagai informasi, produsen mobil listrik asal China, GAC Aion New Energy Automobile Co Ltd, resmi menjalin kerja sama bisnis di pasar Tanah Air bersama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk sejak April 2024.

Melalui penandatanganan Perjanjian Distribusi, Indomobil Group ditunjuk untuk menangani distribusi, penjualan, dan purnajual produk Aion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau