Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Daihatsu Ayla Melibas Tanjakan Curam Tanpa Masalah

Kompas.com - 26/09/2024, 18:12 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bagi sebagian pengemudi mobil, melewati jalan berliku dan menanjak, ditambah dengan kondisi permukaan licin  memberikan tantangan tersendiri.

Namun, berbeda dengan video pengemudi Daihatsu Ayla warna putih ini yang terlihat lihai mengendarai mobilnya melewati jalan tersebut.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @all_new_agya_ayla, pengemudi menunjukkan keterampilannya menguasai mobil sehingga berhasil menanjak dengan mudah.

Ada beberapa warganet berkomentar, jika pengemudi sudah biasa dengan kondisi jalan dan mobil yang digunakan dalam kondisi sehat.

Baca juga: Momen Kocak Pebalap Moto2 Jualan Es Krim di Pantai Lombok

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ALL NEW AGYA AYLA (@all_new_agya_ayla)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pendapat tersebut ada benarnya karena melewati jalan tanjakan, curam, berkelok dan licin bukan perkara yang mudah.

“Dengan hal ini dibutuhkan keterampilan pengemudi mengolah emosi, jam terbang dan operasional. Ini tidak mudah karena salah sedikit pasti gagal nanjak. Jadi semua pengemudi pasti bisa melewati jalan tersebut jika penuh perhitungan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2024).

Menurut Sony, mengelola emosi pengemudi sangat penting saat berkendara di kondisi jalan seperti itu.

“Kenapa emosi juga faktor penting, karena dengan kondisi infrastruktur seperti itu biasanya pengemudi sudah jatuh mentalnya, akibatnya salah dalam operasional,” kata Sony.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Dalam Kota, Truk Gagal Nanjak Kembali Makan Korban

Sony melanjutkan, umumnya pengemudi akan menggunakan posisi gir 1 dan digas pol karena takut drop, yang terjadi mungkin over power dan overspin, di kondisi jalan licin ban lebih mudah slip.

Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

“Jadi gas seperlunya aja yang penting RPM tidak drop, main di RPM 2500 - 4000. Begitu juga dengan mobil matik dan jangan kehilangan momentum,” kata Sony.

“Bagi pengemudi yang sudah memiliki jam terbang tinggi, dia sudah punya banyak jurus dalam melibas kondisi seperti ini, baik itu pengetahuan tentang bannya, power mesin, beban muatan sampai dengan teknik yang digunakan,” tutup Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau