Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Suzuki Grand Vitara, Cukup Ekonomis

Kompas.com - 26/09/2024, 08:31 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comPT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya Grand Vitara untuk bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas di pasar otomotif nasional, yang bersaing langsung dengan para rival seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Mazda CX-3. Model ini dijual mulai Rp 362 juta (GL), Rp 388,4 juta (GX), dan Rp 391,4 juta (GX Two Tone).

Grand Vitara ini tidak hanya tangguh sebagai SUV ringkas, tetapi juga lengkap dengan teknologi dan fitur yang mumpuni seperti (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki/SHVS) yang bisa menjadikan model ini ramah lingkungan dan hemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Selain dapat membantu mengurangi emisi gas buang, teknologi ini juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga lebih efisien dalam pengeluaran biaya kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Membahas Cara Kerja Teknologi SHVS pada Suzuki Grand Vitara

 

Berbagai fitur canggih dan interior mewah yang melengkapi pengalaman berkendara yang menyenangkan ini semakin didukung dengan biaya kepemilikan yang relatif terjangkau.

Berdasarkan data yang dirilis Suzuki soal biaya perawatan berkala dan biaya pajak kendaraan, biaya kepemilikan Grand Vitara tetap dapat dikategorikan ekonomis ,yaitu hanya senilai Rp 21.452,- per hari untuk tipe GL dan Rp 22.545,- per hari untuk tipe GX.

Biaya perawatan berkala

Kap mesin Suzuki Grand Vitara- Kap mesin Suzuki Grand Vitara

Tentunya dalam memiliki kendaraan, termasuk pemilik Grand Vitara harus melakukan perawatan berkala agar performa mobil tetap optimal. Agar tetap aman dan nyaman, maka disarankan untuk servis di bengkel resmi Suzuki.

Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, Suzuki menyediakan layanan gratis biaya jasa service yang diperuntukkan kepada setiap pelanggan setianya yang melakukan pemeriksaan kondisi kendaraannya secara berkala hingga jarak tempuh 50.000 km.

Baca juga: Jadi Hatchback Terjangkau, Intip Fitur Menarik Suzuki Baleno

Biaya jasa service baru akan muncul ketika mobil sudah mencapai 60.000 km hingga 100.000 km dan seterusnya. Dengan paket service yang diberikan Suzuki kepada pelanggan Grand Vitara, maka besaran biaya yang akan dikeluarkan hingga menempuh jarak 100.000 km atau 5 tahun berkisar pada nominal Rp 10.589.750,- atau jika dihitung per harinya adalah sebesar Rp 5.803.

Biaya tersebut akan digunakan untuk penggantian fast moving parts dan produk oli Ecstar. Namun biaya tersebut belum termasuk untuk penggantian suku cadang atas permintaan atau kebutuhan konsumen berdasarkan pemakaian kendaraan.

Biaya pajak

Suzuki Grand Vitara- Suzuki Grand Vitara

Tentunya selain perawatan berkala, pemilik kendaraan termasuk Grand Vitara juga harus mengeluarkan biaya lain, salah satu yang penting adalah membayar kewajiban pajak kendaraan.

Meski berbasiskan model yang sama, pada tipe GL dan GX memiliki perbedaan biaya pajak. Untuk Grand Vitara dengan tipe GL dikenakan biaya sebesar Rp 5.712.000 per tahun atau sebesar Rp 15.649 per hari.

Selanjutnya, kisaran biaya yang dikeluarkan untuk Grand Vitara dengan tipe GX, yaitu Rp 6.111.000 per tahun atau jika dibagi per hari maka biaya yang akan dikeluarkan per harinya hanya Rp 16.742.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau