Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP India 2025 Resmi Dibatalkan, Kembali Jadi Tuan Rumah pada 2026

Kompas.com - 26/09/2024, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport bersama FIM dan IRTA resmi mengonfirmasi MotoGP India masuk kalender musim 2026.

Sebelumnya rumor beredar bahwa MotoGP India yang akan digelar di Sirkuit Buddh dibatalkan pada tahun 2025. Pihak Dorna Sport, FIM dan IRTA menyebut bahwa MotoGP India bakal menjadi cadangan di musim mendatang.

Dikutip dari MotoGP, Rabu (25/9/2024), MotoGP India 2025 dibatalkan karena adanya masalah finansial dari pemerintah setempat. Kondisi finansial tersebut mengharuskan MotoGP India ditunda dari jadwal semula yang semestinya berlangsung pada awal musim 2025.

Baca juga: Kia Sonet Facelift Meluncur, Harga mulai Rp 349 Juta

Pihak Dorna Sport berencana untuk memindahkan jadwal MotoGP India menjelang akhir musim 2025, tetapi sayangnya tidak ada tanggal yang tersedia. Hal ini mengharuskan seri tersebut batal digelar dan akan kembali pada awal musim 2026.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP India 2023. Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.Dok. Ducati Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP India 2023. Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.

Baik MotoGP maupun InvestUP saat ini tengah bekerja keras untuk membawa MotoGP kembali ke Sirkuit Internasional Buddh, dan berkomitmen untuk menjadikan India sebagai pasar global utama untuk MotoGP.

Sebagai informasi, MotoGP India pertama kali digelar pada 2023 di Sirkuit Internasional Buddh, Greater Noida, sekitar 50 Km dari Ibu Kota New Delhi. Sirkuit ini memiliki panjang 4,96 Km, dan lebar 12 meter. Lintasan lurus sepanjang 1,006 meter dengan jumlah 8 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri.

Baca juga: Marc Marquez Mulai Konsisten Naik Podium

Kala itu, balapan dimenangkan oleh Marco Bezzecchi. Adapun untuk promotornya adalah Fairstreet Sports. Namun, promotor tersebut mundur dan diambil alih oleh Invest UP.

Tahun ini, MotoGP India 2024 dibatalkan karena masalah finansial. Seri tersebut akhirnya digantikan oleh MotoGP Emilia Romagna 2024 yang menjadikan Sirkuit Misano dua kali sebagai tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau